Penerapan Metode Ranti’s Generic IS/IT Bussiness Value dalam meningkatkan Kualitas Layanan Penggunaan Media Cloud Storage

Imroatul Khasanah(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Layanan infrastruktur yang ada pada cloud storage memudahkan kepada pengguna dalam menyimpan file, meng-update data dalam file, mengakses file hingga membagi data kepada pengguna yang lainnya dimanapun dan kapanpun tanpa harus membawa media penyimpanan data seperti flash disk, hardisk dan lain sebagainya. Dari berbagai fitur kemudahan yang telah diberikan oleh media penyimpanan cloud storage, ada beberapa kelemahan yang ada pada layanan media penyimpana cloud
storage, antara lain: memerlukan koneksi internet yang memadai untuk mengakses data, situs maintance dan lain sebagainya. Metode Ranti’s IS/IT Generic Business Value diterapkan untuk membantu meningkatkan kualitas layanan penggunaan media cloud storage, penelitian ini menyimpulkan bahwa untuk meningkatkan kualitas layanan penggunaan media penyimpanan cloud storage, hal yang perlu dipertimbangkan adalah meningkatkan kualitas kecepatan internet, meningkatkan kualitas sumberdaya pengelola, hal ini dapat diupayakan melalui beberapa pelatihan, selalu update teknologi terbaru dan meningkatkan kerja sama antar tim untuk meningkatkan kepuasan pengguna.

Full Text:

PDF

References


Toor, S., Töebbicke, R., Resines, M. Z., & Holmgren, S. Investigating an open source cloud storage infrastructure for CERN-specific data analysis. Proseding Networking, Architecture and Storage (NAS), 2012 IEEE 7th International Conference.

Wardhana , Indrawata., Assegaff, Setiawan. Perancangan dan Penerapan Arsitektur Cloud Storage pada IAIN STS Jambi. Jurnal Manajemen Sistem Informasi. Vol.2, No.1, Maret 2017. ISSN: 2528-0082.

Maslan, Andi. Analisis Kelayakan Implementasi Cloud Computing dengan Metode Ranti’s Generic IS/IT Bussiness Value pada Badan Pengusahaan Batam. Jurnal Putra Batam. Vol. 1 No.1 2013. ISSN: 2337-8379.

Ranti, Benny. Identification of Information Systems/Information Technology Business Values with HermeneuticApproach: Cases in Indonesia. Ph.D Thesis. Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Indonesia. 2018

Maslan, Andi. Analisis Kelayakan Implementasi Cloud Computing dengan Metode Ranti’s Generic IS/IT Bussiness Value pada Badan Pengusahaan Batam. Jurnal Putra Batam. Vol. 1 No.1. ISSN: 2337-8379. 2013.

Riduwan dan akon. Rumus Data dalam Analisa Statistika. Bandung : Sualaang, Standley David K dan Ranti, Benny. (2009). Identifikasi Manfaat Bisnis SI/TI menggunakan metode Ranti’s Generic IS/IT Bussiness Value.Konferensi Nasional Sistem dan Informatika. Alfabeta. 2010.

Ferdinand A, Structural Equation Modelling Dalam Peneltian Manajemen. Edisi 2, Seri Pustaka Kunci 03/BP UNDIP. 2002.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.