Perancangan Aplikasi Akademik Berbasis SMS Gateway dan Android Mobile

Ari Amir Alkodri(1*), Harrizki Arie Pradana(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Ada beberapa masalah bagi orang tua dalam mengetahui perkembangan mahasiswa mereka di kampus. Dalam hal ini objek penelitian berlangsung STMIK Atma Luhur Pangkalpinang. Biasanya orang tua mendapatkan nilai hasil belajar siswa pada akhir semester. Bagi Orang tua tidak mengetahui perkembangan siswa mereka selama kampus sebelum memperoleh laporan nilai akhir semester. Mungkin karena orang tua terlalu sibuk, atau mahasiswa yang kurang terbuka kepada orang tuanya, atau orang tua yang jauh di luar kota atau provinsi. Untuk mengatasi masalah ini melakukan beberapa penelitian dan analisis. Metode penelitian yang digunakan meliputi: metode wawancara dengan pihak kampus yang terlibat, metode observasi dokumen atau data dari kampus, dan metode sastra untuk menemukan data yang dibutuhkan dari buku-buku, artikel, atau literatur lain yang berhubungan dengan objek masalah. Analisis menggunakan PIECES analisis (Performance, Information, Economy, Control, Efficient, dan Security) untuk mengetahui kelemahan dari sistem yang lama. Hasil analisis masalah menemukan bahwa orang tua hanya mendapatkan pelaporan informasi mahasiswa pada akhir setiap semester sehingga mereka sulit untuk memantau perkembangan hasil belajar mahasiswa di kampus.

Full Text:

PDF

References


Pressman, R.S. Software Engineering: a Practitioner’s Approach. 7. New York: McGraw-Hill. 2010:68.

Keraf, Gorys. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 2001.

Wardhani, I.G.K. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka. 2008.

Gargenta, M. Learning Android. California: O’Rielly Media. 2011.

Meier, R. Professional Android Application Development. Indianapolis: Wiley Publishing. 2010.

Sebesta, Robert W. Programming the World Wide Web. USA: Pearson Education, Inc. 2011.

McLeod, Raymond. Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Salemba Empat. 2008.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.