Business Process Improvement Pengelolaan Dokumen (Studi Kasus : Unit PBJ DAOP 2, PT. Kereta Api)

Budi Wira Bhakti(1*), Shanti Herliani(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengelolaan dokumentasi pada sebuah perusahaan bukan pekerjaan mudah, pekerjaan ini akan baik dilakukannya jika memiliki aturan / mekanisme dan alat bantu yang tepat. Business Proses Improvement (BPI) merupakan kerangka sistematis yang dibangun untuk membantu organisasi dalam membuat lebih efisien, efektif dan adaptif dalam mekanisme kerjanya. Proses bisnis Pengelolaan dokumen merupakan salah satu proses yang memiliki peran dalam organisasi PT Kereta Api. Peran yang dimaksud adalah membantu perusahaan dalam mendokumentasikan kontrak yang sudah disepakati. BPI diperlukan untuk membuat proses pengelolaan dokumenya bisa lebih baik performansinya, sehingga saat dokumen tersebut diperlukan, baik untuk proses pengecekan perjanjian ataupun pengecekan target pekerjaan, maka akan mudah ditemukan. Penelitian ini menggunakan tahapan dari BPI, yang kemudian mengusulkan sebuah teknologi yang dapat mebantu mekanisme kerjanya.

Full Text:

PDF

References


Harrington, H.J., 1991. Business Process Improvement. New York: McGraw-Hill, Inc. Vol 1

Kamus Besar Bahasa Indonesia (Offline) versi website “ www.kbbi.web.id/Dokumen” . 2018

https://www.slideteam.net , “Business Process Improvement Model”. 2014

Weske M, Business Process Management. New York: Springer Berlin Heidelberg. 2007: 4

Bhakti, Budi Wira. Perancangan Aplikasi Pengelolaan Surat Masuk di Unit Pengadaan Barang dan Jasa Daop 2 PT. Kereta Api Indonesia (Persero). Bandung. 2017


Refbacks

  • There are currently no refbacks.