Implementasi Dan Perkembangan Balanced Scorecard: Sistematik Review
Abstrak
Sistematik review merupakan salah satu metode yang digunakan oleh peneliti untuk memahami berbagai sudut pandang penelitian yang dilakukan sebelum penelitian utama dilakukan. Adapun tujuan paper ini untuk mengetahui apakah balanced scorecard digunakan dan diterapkan dalam berbagai bidang dan bagaimana perkembangannya dengan menggunakan metode sistematik review. Balanced scorecard merupakan suatu konsep untuk mengukur performa suatu organisasi dengan 4 prespektif yang berbeda. Hasil dari penyaringan artikel awal menggunakan literatur database Jstor dengan keyword “Balanced Scorecard”, terdapat 13 artikel bahwa penerapan balanced scorecard pada kenyataannya digunakan dalam berbagai bidang antara lain bidang kesehatan, industri, transportasi, finansial, bisnis dan manajemen. Pada perspektif keuangan dan pelanggan terdapat masing-masing 1 jurnal, prespektif pembelajaran dan pertumbuhan terdapat 3 jurnal dan 8 jurnal dari prespektif proses internal bisnis. Teori balanced scorecard yang disajikan dalam 4 prespektif yang berbeda menjadikan balanced scorecard dapat menjadi penyeimbang pengukuran kinerja suatu organisasi diberbagai bidang.Referensi
Agrawal, S. (2008). Competency Based Balanced scorecard Model: An Integrative Perspective. Indian Journal of Industrial Relations.
Akkermans, H. A., & Oorschot, K. v. (2005). Relevance Assumed: A Case Study of Balanced scorecard Development Using SystemDynamics. The Journal of the Operational Research Society.
Auger, N., & Raynault, M. F. (2006). Summarizing Health Inequalities in a Balanced Scorecard: Methodological Considerations. Canadian Journal of Public Health / Revue Canadienne de Santé Publique.
Auger, N., & Roy, D. A. (2004). The Balanced Scorecard: A Tool for Health Policy Decision-making. Canadian Journal of Public Health / Revue Canadienne de Santé Publique. Penerbit Andi. 2010
Burney, L. L., & Swanson, N. J. (2010). The Relationship Between Balanced scorecard Characteristics and Managers' JobSatisfaction. Journal of Managerial Issues.
Fitroh, & Utama, D. N. (2017). Synthesizing a Soft System Methodology Use in. Fifth International Conference on Information and Communication Technology (ICoICT).
Sutanta, Edhy 2011. Basis Data Dalam Tinjauan Konseptual.Yogyakarta : Andi
Ittner, C. D., Larcker, D. F., & Meyer, M. W. (2003). Subjectivity and the Weighting of Performance Measures: Evidence from a BalancedScorecard. The Accounting Review.
Lloyd, S. (2006). Building Library Success Using the Balanced Scorecard. The University of Chicago Press.
Maiga, A. S., & Jacobs, F. A. (2003). Balanced Scorecard, Activity-Based Costing And Company Performance: An EmpiricalAnalysis. Journal of Managerial Issues.
PHILLIPS, J. K. (2004). An Application of the Balanced scorecard to Public Transit System PerformanceAssessment. Transportation Journal.
Robinson, V. A., Hunter, D., & D, S. E. (2003). Accountability in Public Health Units: Using a Modified Nominal Group Technique toDevelop a Balanced scorecard for Performance Measurement. Canadian Journal of Public Health / Revue Canadienne de Santé Publique.
Wisniewski, M., & Dickson, A. (2001). Measuring performance in Dumfries and Galloway Constabulary with the Balanced Scorecard. Journal of the Operational Research Society.
Zee, J. D., & Jong, B. d. (1999). Alignment Is Not Enough: Integrating Business and Information Technology Managementwith the Balanced Business Scorecard. Journal of Management Information Systems.