Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah Bank BCA di Pangkalpinang Terhadap Mobile Banking
Abstrak
Penggunaan teknologi informasi yang semakin berkembang telah dimanfaatkan untuk aspek bisnis dan telah mempengaruhi perkembangan perbankan yang semakin efisien dan ditujukan untuk memenuhi kepuasan nasabah. Bank BCA merupakan salah satu bank yang mengembangkan inovasi layanan mobile banking yang dinamakan BCA Mobile. Mobile banking merupakan salah satu pelayanan jasa bank yang memungkinkan nasabah untuk memperoleh informasi melalui jaringan internet. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah yang menggunakan mobile banking. Metode penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner sebanyak 75 responden. Hasil dari penelitian ini adalah kualitas layanan, informasi tentang layanan, serta persepsi manfaat merupakan faktor yang mempengaruhi minat nasabah dalam menggunakan mobile banking.Referensi
Hapsara, Radityo Febri, 2015, Pengaruh Kegunaan, Kemudahan Resiko dan Kepercayaan terhadap Penggunaan Mobile Banking Studi pada Nasabah Bank BRI Solo Kartasura. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Krishnan, S. 2014. The Power Potential of Mobile Banking : How to Profit from the Revolution in Retail Financial Services. Wiley
Pristiyono, 2016, Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Nasabah dan Dampaknya pada Loyalitas Nasabah PT. BRI Simpang Enam Rantaurapat, STIE Labuhan Batu, Jurnal Ekonomi Bisnis dan Manajemen vol. 1 no. 1 pp. 1-9.
Amanullah, Bastian. 2014, Pengaruh Persepsi Manfaat Kemudahan Penggunaan dan Kepercayaan terhadap Sikap Positif Penggunaan Layanan Mobile Banking Survey pada Nasabah Bank BCA Semarang. Skripsi. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro. Semarang
Mubiyantoro, Ari dan Syaefullah.2013. Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Kesesuaian, dan Persepsi Resiko terhadap Sikap Penggunaan Mobile Banking. Jurnal Akuntansi Universitas Brawijaya Malang
Prasetyo, Bambang, Lina, Miftahul Jannah, 2012, Metode Penelitian Kuantitatif Teori dan Aplikasi, Edisi ke-7, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada.