Tinjauan Literatur Secara Sistematis Pada Service Strategy Information Technology Infrastructure Libary

Penulis

  • Herman Suherman Suhana Putra
  • Gerry Firmansyah

Abstrak

Beberapa tahun terakhir, organisasi menyadari pentingnya penerapan kerangka kerja best practices, seperti Information Technologi Infrastructure Library (ITIL), untuk mengelola layanan Teknologi Informasi. ITIL adalah suatu kerangka yang didasarkan pada proses yang dibutuhkan oleh Sistem Informasi agar efisien dan efektif. Service strategy merupakan inti dari ITIL yang merupakan bagian dari IT Service Management (ITSM), yang berfokus pada pengelolaan layanan TI di dalam organisasi. ITIL telah menjadi standar utama dalam hal pengelolaan layanan, tata kelola, kualitas dan operasional TI dengan tahapan menentukan proses dan aktivitas utama. Salah satu proses utama ITIL adalah Service Level Management (SLM) yang bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kualitas layanan TI, melalui sebuah siklus yang konstan untuk menyetujui, memantau dan melaporkan capaian layanan TI. SLM akan mendorong dihapuskan layanan yang buruk berdasarkan kesesuaian dengan bisnis dan faktor biaya. Service strategy pada ITIL saat ini sedang berkembang,untuk itu diperlukan tinjauan literatur secara sistematis untuk mengetahui dan memahami kondisi penelitian saat ini. Dari hasil yang didapat ditemukan penelitian service strategy pada ITIL semakin meningkat serta penelitian banyak diarahkan kepada IT Governance, Service management dan Enterprise IT Service.

Referensi

A. V. S. F. M. M. da Silva, “Using a CRM Approach for Implementing an Information System to Support ITIL,” 2012 Eighth Int. Conf. Qual. Inf. Commun. Technol., pp. 178–181, 2012.

L. Burkon, “Quality of service attributes for software as a service,” J. Syst. Integr., vol. 4, no. 3, p. 38, 2013.

M. K. Saleh, J. M., & Almsafir, “The drivers of ITIL Adoption in UNITEN. In Advanced Computer Science Applications and Technologies (ACSAT),” 2013 Int. Conf. IEEE, pp. 479–484, 2013.

I. P. A. Krisanthi, G. T., Sukarsa, I. M., & Bayupati, “Krisanthi, G. T., Sukarsa, I. M., & Bayupati, I. P. A. (2014). Governance audit of application procurement using COBIT framework,” ournal Theor. Appl. Inf. Technol., vol. 59, no. 2, p. ournal of Theoretical and Applied Information Tech, 2014.

O. Mora, M., Raisinghani, M., O’Connor, R., Gomez, J., & Gelman, “An extensive review of IT service design in seven international ITSM processes frameworks: Part I,” Int. J. Inf. Technol. Syst. Approach, vol. 7, no. 2, pp. 83–107, 2014.

K. P. N. I. T. van Sante, T., Ermers, J., & Solutions, “ITIL® and TOGAF® 9.1: two frameworks,” White Pap. August., 2013.

Lee, J., You, Y., & Lee, K. (2017, October). A study on the priority decision making of IT goals in COBIT 5 goals cascade. In Proceedings of the 9th International Conference on Information Management and Engineering (pp. 221-225). ACM.

Stirling, W., & Schrudder, T. (2017, October). Leveraging the 24x7 Operations Center to Extend Help Desk Service Hours. In Proceedings of the 2017 ACM Annual Conference on SIGUCCS (pp. 85-88). ACM.

Greenfield, J. A., Ice, L. G., Corwell, S. E., Haskell, K., Pavlakos, C., & Noe, J. P. (2011, November). One stop high performance computing user support at SNL. In High Performance Computing, Networking, Storage and Analysis (SC), 2011 International Conference for (pp. 1-6). IEEE.

Pinheiro, M. G., & Misaghi, M. (2014, December). Proposal of a Framework of Lean Governance and Management of Enterprise IT. In Proceedings of the 16th International Conference on Information Integration and Web-based Applications & Services (pp. 554-558). ACM.

Diterbitkan

2018-03-08