Analisis Kinerja Website Dinas Komunikasi dan Informatika Menggunakan Metode Pieces

Authors

  • Nurul Huda Universitas Bina Darma
  • Megawaty Megawaty Universitas Bina Darma

DOI:

https://doi.org/10.32736/sisfokom.v10i2.1018

Keywords:

Analisis, PIECES, Tools GT Matrik, Google Transparency Report

Abstract

The Diskominfo website is a means of communication to convey various information to the wider community. The existence of a website helps at the same time cover up the government's limitations in the dissemination of various information so that the public does not experience information gaps. This website is analyzed using the Pieces method such as performance, information, economic, control, efficiency, and service by testing using the GT Matrik Tools and Google Transparency Report, while the test results obtained after the analysis are obtained that the average page speed grade is 27%. or in grade F. This means that the quality of the Diskominfo website based on the index generated by Google is still very low, the same thing is also produced by YSlow Grade from Yahoo where the average YSlow Grade is 66% or grade D. The low quality of the web will certainly affect website performance. While testing based on the results of control measurements, the Diskominfo website is safe for public visits. The Diskominfo website has good efficiency, because the existing system can be used properly and can also produce the expected output. In the analysis measurement results, the menu structure that is built can be seen from its initial purpose, which is to provide services to the community, however, this service is still not optimal because the content of the service is not well filled. D. Rendahnya kualitas web tersebut tentu akan mempengaruhi kinerja website. Sedangkan pengujian Berdasarkan hasil pengukuran control, website Diskominfo aman untuk dikunjungi oleh masyarakat.  Website Diskominfo telah memiliki efisiensi yang baik, karena sistem yang ada telah dapat digunakan dengan baik dan juga dapat menghasilkan output yang diharapkan.  Pada hasil pengukuran analisis bahwa struktur menu yang dibangun dapat dilihat tujuan awalnya yaitu dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat, Akan tetapi pelayanan ini masih belum maksimal dikarenakan konten pelayanan belum banyak terisi dengan baik.

References

S. Munifatulinayah, “Analisis Website Menggunakan Metode Pieces Studi Kasus Dinhubkominfo Kabupaten Banyumas,” Undergrad. Thesis Thesis, Inst. Teknol. Telkom Purwokerto., 2017.

Harma Okafia Lingga Wijaya, “Implementasi Metode Pieces Pada Analisis Website Kantor Penanaman Modal Kota Lubuklinggau,” JUSIM (Jurnal Sist. Inf. Musirawas), vol. 3, no. 1, 2018.

N. Huda, “Implementasi Metode Usability Testing Dengan System Usability Scale Dalam Penilaian Website Rs Siloam Palembang,” Klik - Kumpul. J. ILMU Komput., vol. 6, no. 1, hal. 36, Feb 2019.

P. : 17/per/m. K. Mentri Kominfo, Diseminasi Informasi Nasional Oleh pemerintah, pemerintah daerah provinsi dan pemerintah daerah kabupaten/kota. 2009.

R. Muliansah; dan C. Budihartanti, “Analisa Pemanfaatan e-Puskesmas di Loket Pendaftaran pada Puskesmas Kecamatan Pademangan dengan Metode PIECES,” JCSE (Journal Comput. Sci. an Eng., vol. 1, no. 1, 2020.

N. Huda, “Analisis Kinerja Website Pt Pln (Persero) Menggunakan Metode Pieces,” Sistemasi, vol. 8, no. 1, hal. 78–89, 2019.

A. R. Dewi, “Analisis Sistem Informasi Pengolahan Data Nilai Mahasiswa Menggunakan PIECES pada Prodi Sistem Informasi,” Query, vol. 5341, 2018.

H. Fryonanda; dan T. Ahmad, “Analisis Website Perguruan Tinggi Berdasarkan Keinginan Search Engine Menggunakan Automated Software Testing GTmetrix,” J. saint dan Teknol. Kalbiscentia, vol. 4, no. 2, 2017.

Jogiyanto, Analisis Dan Desain Sistem. Yogyakarta, 2009.

R. Amalia; dan N. Huda;, “Implementasi Sistem Informasi Pelayanan Kesehatan Pada Klinik Smart Medica,” J. SISFOKOM, vol. 9, no. 3, 2020.

H. N. Putra, “Analisis Pelaksanaan Sistem E-Puskesmas Dengan Menggunakan Metode Pieces Di Puskesmas Pemancungan Padang Nusa PUTRA,” Ensiklopedia J., vol. 1, no. 1, 2018.

Y. Asbar; dan ; M. A. S., “Analisa Dalam Mengukur Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode PIECES,” J. VISIONER Strateg., vol. 6, no. 2.

C. Laksono; dan S. Wibowo;, “Analisis Website Kpu Provinsi Jawa Tengah Dengan Metode Pieces,” Academia.edu, 2014.

D. Dwiyantoro, “Analisis dan Evaluasi Penerapan Sistem Informasi Smart Library Amikom Resource Centre Dengan Metode Pieces Framework,” J. Ilmu Perpust. dan Inf. IAIN Curup, vol. 3, no. 2, 2019.

A. Suharsimin;, Prosedur Penelitian. Jakarta, 2010.

A. R. Adiguna, “Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Gudang Pada Pt Mitra Pinasthika Mulia Surabaya,” J. Pengemb. Teknol. Inf. Dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 2, 2018.

A. Supriyatna;, “Analisis Dan Evaluasi Penerapan Aplikasi Ujian Berbasis Web Dengan Metode Pieces Framework,” Swabumi, vol. 3, no. 1, 2015.

Downloads

Additional Files

Published

2021-07-05

Issue

Section

Articles