Perancangan Aplikasi Helpdesk Ticketing System Pada PT. Indonesia Nippon Seiki
DOI:
https://doi.org/10.32736/sisfokom.v11i1.1271Keywords:
helpdesk ticketing, IT helpdesk, metode prototype, SDLCAbstract
Pelayanan operasional teknologi informasi pada PT. Indonesia Nippon Seiki (PT. INS) merupakan tanggung jawab departemen IT atau Management Information System (MIS). Tugas ini adalah pelayanan terhadap pengaduan/keluhan dari user mengenai masalah kerusakan hardware, software dan jaringan dengan menerapkan sistem IT Helpdesk. Saat ini, manajemen pelayanan pengaduan masalah dapat dikatakan masih kurang bagus karena belum ada prosedur yang tersistematis dalam proses pengaduan kepada departemen MIS. Laporan kepada atasan tidak lengkap karena proses pendataan yang kurang baik. Hal ini disebabkan belum ada media atau sistem perekaman data yang baik. Pimpinan IT kesulitan untuk memonitor kinerja tim dalam menyelesaikan setiap keluhan dari user karena data tidak dapat dilihat secara online. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah aplikasi Helpdesk Ticketing berbasis Website pada PT. INS yang dapat meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pengaduan/keluhan mengenai masalah operasional teknologi informasi. Pengembangan aplikasi ini menggunakan metode Prototype sebagai bagian dari metode System Development Life Cycle (SDLC). Pemodelan proses bisnis sistem menggunakan UML (Unified Modeling Language). Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi komputer yang dapat diakses secara realtime sehingga user dapat melihat status penyelesaian dari kasus yang mereka sampaikan. Teknisi juga dapat lebih meningkatkan kinerjanya karena dapat dimonitor secara langsung oleh user maupun atasannya.References
E. M. Sipayung, C. F. and E. A. , "Perancangan Sistem Informasi Helpdesk Menggunakan Framework ITIL V3," JNTETI, vol. 6, no. 2, pp. 141-145, Mei 2017.
A. Mustopa, "Sistem Informasi IT-Helpdesk Pada Universitas Amikom Yogyakarta Berbasis Web," Jurnal Informatika dan Komputer (JIKO), vol. 2, no. 2, pp. 93-102, 2017.
S. Syofian and A. Winandar, "Aplikasi Helpdesk Mendukung Sistem Ticketing," Jurnal Teknologi Informasi, vol. 3, no. 1, 2017.
A. Nugroho, "Pengembangan Sistem Helpdesk Berbasis Web Metode Rapid Application Development Pada PT. Sakata Utama," Pelita Teknologi: Jurnal Ilmiah Informatika, Arsitektur dan Lingkungan, vol. 23, no. 1, pp. 1-11, 2020.
Alfian, Yumi Novita Dewi, Firstianty Wahyuhening Fibriyani, Harsih Rianto and Adika May Sari, "Rancang Bangun Sistem Informasi Ticketing Helpdesk pada DPMPTS Pemprov DKI Jakarta," JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), vol. 7, no. 2, pp. 334-340, 2020.
T. Rehulina and B. Raharjo, "Perancangan Sistem Informasi Persediaan Barang Pada Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan," Jurnal Sistem Informasi (JSiI), vol. 8, no. 1, pp. 31-42, Maret 2021.
Anwardi, A. Ramadona, M. Hartati, T. Nurainun and E. G. Permata, "Analisis PIECES dan Pengaruh Perancangan Website Fikri Karya Gemilang Terhadap Sistem Promosi Menggunakan Model Waterfall," Jurnal Rekayasa Sistem dan Industri, vol. 7, no. 01, pp. 57-66, 2020.
J. Whitell and Bentley, System Analysis and Design Methods, New York: McGraw-Hill, 2007.
R. S. Pressman, Software Engineering: A Practitioner's Approach, Eighth Edition, New York: McGraw-Hill Education, 2015.
A. Nugroho, Rational Rose untuk Pemodelan Berorientasi Objek, Bandung: Informatika, 2005.
T. Rehulina and D. Ardiansyah, "Perancangan Aplikasi Inventori Barang Pada CV. MR Lestari Berbasis Web," Sistem Informasi dan Informatika (SIMIKA), vol. 3, no. 2, pp. 77-94, 2020.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the article that accepted for publication shall be assigned to Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) and LPPM ISB Atma Luhur as the publisher of the journal. Copyright includes the right to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), LPPM ISB Atma Luhur, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) are the sole and exclusive responsibility of their respective authors.
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) has full publishing rights to the published articles. Authors are allowed to distribute articles that have been published by sharing the link or DOI of the article. Authors are allowed to use their articles for legal purposes deemed necessary without the written permission of the journal with the initial publication notification from the Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer).
The Copyright Transfer Form can be downloaded [Copyright Transfer Form Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer).
This agreement is to be signed by at least one of the authors who have obtained the assent of the co-author(s). After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted. The copyright form should be signed originally, and send it to the Editorial in the form of scanned document to sisfokom@atmaluhur.ac.id.