Rancangan Prototype Layanan Pengaduan Masyarakat Melalui Kantor Desa Berbasis Android

Authors

  • Yurindra Yurindra Institut Sains Dan Bisnis Atma Luhur
  • Sarwindah Sarwindah Institut Sains Dan Bisnis Atma Luhur
  • Devi Irawan Institut Sains dan Bisnis Atma Luhur

DOI:

https://doi.org/10.32736/sisfokom.v10i3.1295

Keywords:

layanan pengaduan, Pengaduan online, Layanan desa, Pengaduan berbasis android

Abstract

Salah satu Peningkatan kualitas pelayanan public bagi masyarakat pedesaan adalah dapat dengan dilakukan melalui sebuah penyelesaian pengaduan yang mendapatkan respon yang cepat dari penyedia layanan yaitu dalam hal ini instansi pemerintah terkait baik di pusat maupun daerah. Segala bentuk kritik, saran maupun aduan yang disampaikan masyarakat pada suatu instansi merupakan sebuah koreksi untuk perbaikan pelayanan tersebut. Banyak Kantor Desa di Indonesia belum memiliki sistem layanan pengaduan yang teridentifikasi dan terdokumentasi dengan baik, sehingga timbul kendala dalam memberikan layanan pengaduan kepada masyarakat, seperti respon time pelayanan yang lambat dan dokumentasi pengaduan tidak tertata dengan rapi. Kendala lain timbul saat masyarakat kebingungan untuk menyampaikan keluhan tersebut dikarenakan tidak mengetahui harus mengadu kemana. Untuk mengatasi masalah tersebut, akan dirancang aplikasi layanan pengaduan berbasis Android yang menggunakan model prototype dan menggunakan MySql sebagai database pada server yang digunakan. Dengan itu diharapkan agar dapat  memudahkan masyarakat dalam membuat laporan pengaduan. Aplikasi Android ini dapat digunakan masyarakat untuk melakukan layanan pengaduan secara online. Aplikasi ini juga dapat memudahkan Pemerintah desa dan kabupaten dalam melakukan dokumentasi dan mengevaluasi sistem layanan  pengaduan masyarakat desa.

Author Biographies

Yurindra Yurindra, Institut Sains Dan Bisnis Atma Luhur

Teknik Informatika

Sarwindah Sarwindah, Institut Sains Dan Bisnis Atma Luhur

Bisnis Digital

Devi Irawan, Institut Sains dan Bisnis Atma Luhur

Teknik Informatika

References

Galih Nalendro. 2019. Sistem informasi pengaduan layanan Universitas. [Skripsi]. Yogyakarta (ID): Universitas Islam Indonesia.

R. H. Dai., “(ELINVO) Electronic, Informatics, and Vocational Education,” Rancang Bangun Aplikasi E-Report Pengaduan Masyarakat Design Public Complaint E-Report Aplication, vol 2, no 1, pp 3-10, Mei 2017

Jurman Bin Jamaluddin. 2020. Inovasi Pelayanan Pengaduanwarga Berbasis Online Di Desa Pakto Kabupaten Gowa. [Skripsi]. Makassar (ID): Universitas Muhammadiyah Makassar.

S. W. Mursalim, “Media pengembangan ilmu dan praktek Administrasi,” Analisis manajemen pengaduan sistem layanan aspirasi pengaduan online rakyat (LAPOR) di Kota Bandung, vol.xv, no. 1, pp 1-17, Juni 2018.

Mazdalifah. 2018. Perancangan aplikasi pengaduan masyarakat di Kecamatan Secanggang menggunakan Android. [Skripsi]. Medan (ID): Universitas Sumatera Utara.

Ahmad Jauharul Aknana. 2020. Peran pelayanan publik dalam penanganan pengaduan masyarakat [Skripsi]. Tulungagung (ID): Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.

Andi Maryam Ulfa.2017. Responsivitas pelayanan publik. (Studi Kasus : Pelayanan Polres Enrekang Terhadap Pengaduan Masyarakat). Makassar (ID): Universitas Hasanuddin.

Maya Sofianti. 2020. Responsivitas pelayanan pengaduan masyarakat di kantor Kepolisian Sektor Alla Kabupaten Enrekang. [Skripsi]. Makassar (ID): Universitas Muhammadiyah Makassar.

Fadhilah Fatin. 2017. Aplikasi pengaduan pelanggan berbasis Android di pdam tirta satria Kabupaten Banyumas. [Skripsi]. Semarang (ID): Universitas Negeri Semarang.

Dandhi Dwirizky Purwiansyah. 2020. Implementasi Uu No. 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik (Studi Penyediaan Layanan Pengaduan Masyarakat Berbasis Online Di Kabupaten Tegal. [Skripsi]. Tegal (ID): Universitas Pancasakti Tegal.

Indrawati. (2020). Penanganan Laporan Pengaduan Masyarakat Tehadap Proses Penyidikan Polri Di Tingkat Polres Dan Polsek Kota Malang. Volume (1), No.1, halaman 40-50.

Downloads

Published

2021-12-20

Issue

Section

Articles