Rancangan Prototype Layanan Pengaduan Masyarakat Melalui Kantor Desa Berbasis Android
DOI:
https://doi.org/10.32736/sisfokom.v10i3.1295Keywords:
layanan pengaduan, Pengaduan online, Layanan desa, Pengaduan berbasis androidAbstract
Salah satu Peningkatan kualitas pelayanan public bagi masyarakat pedesaan adalah dapat dengan dilakukan melalui sebuah penyelesaian pengaduan yang mendapatkan respon yang cepat dari penyedia layanan yaitu dalam hal ini instansi pemerintah terkait baik di pusat maupun daerah. Segala bentuk kritik, saran maupun aduan yang disampaikan masyarakat pada suatu instansi merupakan sebuah koreksi untuk perbaikan pelayanan tersebut. Banyak Kantor Desa di Indonesia belum memiliki sistem layanan pengaduan yang teridentifikasi dan terdokumentasi dengan baik, sehingga timbul kendala dalam memberikan layanan pengaduan kepada masyarakat, seperti respon time pelayanan yang lambat dan dokumentasi pengaduan tidak tertata dengan rapi. Kendala lain timbul saat masyarakat kebingungan untuk menyampaikan keluhan tersebut dikarenakan tidak mengetahui harus mengadu kemana. Untuk mengatasi masalah tersebut, akan dirancang aplikasi layanan pengaduan berbasis Android yang menggunakan model prototype dan menggunakan MySql sebagai database pada server yang digunakan. Dengan itu diharapkan agar dapat memudahkan masyarakat dalam membuat laporan pengaduan. Aplikasi Android ini dapat digunakan masyarakat untuk melakukan layanan pengaduan secara online. Aplikasi ini juga dapat memudahkan Pemerintah desa dan kabupaten dalam melakukan dokumentasi dan mengevaluasi sistem layanan pengaduan masyarakat desa.References
Galih Nalendro. 2019. Sistem informasi pengaduan layanan Universitas. [Skripsi]. Yogyakarta (ID): Universitas Islam Indonesia.
R. H. Dai., “(ELINVO) Electronic, Informatics, and Vocational Education,” Rancang Bangun Aplikasi E-Report Pengaduan Masyarakat Design Public Complaint E-Report Aplication, vol 2, no 1, pp 3-10, Mei 2017
Jurman Bin Jamaluddin. 2020. Inovasi Pelayanan Pengaduanwarga Berbasis Online Di Desa Pakto Kabupaten Gowa. [Skripsi]. Makassar (ID): Universitas Muhammadiyah Makassar.
S. W. Mursalim, “Media pengembangan ilmu dan praktek Administrasi,” Analisis manajemen pengaduan sistem layanan aspirasi pengaduan online rakyat (LAPOR) di Kota Bandung, vol.xv, no. 1, pp 1-17, Juni 2018.
Mazdalifah. 2018. Perancangan aplikasi pengaduan masyarakat di Kecamatan Secanggang menggunakan Android. [Skripsi]. Medan (ID): Universitas Sumatera Utara.
Ahmad Jauharul Aknana. 2020. Peran pelayanan publik dalam penanganan pengaduan masyarakat [Skripsi]. Tulungagung (ID): Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.
Andi Maryam Ulfa.2017. Responsivitas pelayanan publik. (Studi Kasus : Pelayanan Polres Enrekang Terhadap Pengaduan Masyarakat). Makassar (ID): Universitas Hasanuddin.
Maya Sofianti. 2020. Responsivitas pelayanan pengaduan masyarakat di kantor Kepolisian Sektor Alla Kabupaten Enrekang. [Skripsi]. Makassar (ID): Universitas Muhammadiyah Makassar.
Fadhilah Fatin. 2017. Aplikasi pengaduan pelanggan berbasis Android di pdam tirta satria Kabupaten Banyumas. [Skripsi]. Semarang (ID): Universitas Negeri Semarang.
Dandhi Dwirizky Purwiansyah. 2020. Implementasi Uu No. 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik (Studi Penyediaan Layanan Pengaduan Masyarakat Berbasis Online Di Kabupaten Tegal. [Skripsi]. Tegal (ID): Universitas Pancasakti Tegal.
Indrawati. (2020). Penanganan Laporan Pengaduan Masyarakat Tehadap Proses Penyidikan Polri Di Tingkat Polres Dan Polsek Kota Malang. Volume (1), No.1, halaman 40-50.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the article that accepted for publication shall be assigned to Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) and LPPM ISB Atma Luhur as the publisher of the journal. Copyright includes the right to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), LPPM ISB Atma Luhur, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) are the sole and exclusive responsibility of their respective authors.
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) has full publishing rights to the published articles. Authors are allowed to distribute articles that have been published by sharing the link or DOI of the article. Authors are allowed to use their articles for legal purposes deemed necessary without the written permission of the journal with the initial publication notification from the Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer).
The Copyright Transfer Form can be downloaded [Copyright Transfer Form Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer).
This agreement is to be signed by at least one of the authors who have obtained the assent of the co-author(s). After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted. The copyright form should be signed originally, and send it to the Editorial in the form of scanned document to sisfokom@atmaluhur.ac.id.