Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Arsip Digital

Anisah Anisah(1*), Delpiah Wahyuningsih(2), Ellya Helmud(3), Tedy Suwanda(4), Parlia Romadiana(5), Devi Irawan(6)

(1) ISB Atma Luhur
(2) ISB Atma Luhur
(3) ISB Atma Luhur
(4) ISB Atma Luhur
(5) ISB Atma Luhur
(6) ISB Atma Luhur
(*) Corresponding Author

Abstract


Management arsip digital saat ini sudah menjadi pilihan baik pada instansi pemerintah maupun swasta. dikarenakan dapat mengefisienkan tempat penyimpanan, memudahkan pendataan, memudahkan penelusuran dan monitoring terhadap arsip serta lebih rapinya pengarsipan surat-surat atau dokumen yang ada pada institusi. Penelusuran arsip secara manual tentu membutuhkan waktu yang agak lama, dibandingkan dengan menggunakan sistem digital yang sudah memanfaatkan Database Management System (DBMS). Dalam hal ini, kantor Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang menjadi salah satu sasaran untuk mengembangkan sistem manajemen arsip digital yang mana sistem yang berjalan saat ini untuk penelusuran dan penyimpanan arsip dari berbagai bidang masih menggunakan lemari arsip/menggunakan sistem yang manual. Meningkatnya volume arsip dari hari ke hari menjadi permasalahan yang serius karena dibutuhkan waktu yang lama untuk melakukan pencarian arsip yang diinginkan dan sulitnya memonitor arsip di berbagai bidang pada instansi. Sehingga sebuah management arsip digital berbasis web menjadi solusi atas permasalah yang ada. Metode analisis dan perancangan menggunakan Object Oriented Analisys and Design( OOAD) dan database menggunakan MySQL. Management arsip yang dihasilkan mampu mempercepat proses pencarian arsip dan memonitor pergerakan arsip dari berbagai bidang pada instansi.


Keywords


Sistem Informasi, Manajemen Arsip, Database Management System

Full Text:

PDF

References


I. Sontana, A. Rahmatulloh, and A. N. Rachman, “Application Programming Interface Google Picker Sebagai Penyimpanan Data Sistem Informasi Arsip Berbasis Cloud,” J. Nas. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 5, no. 1, pp. 25–32, 2019.

N. Haniah and A. Ardi, “RANCANG BANGUN SISTEM PENGARSIPAN SURAT PADA KANTOR DPRD KOTA BANJARMASIN BERBASIS WEB MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER,” Phasti J. Tek. Inform. Politek. Hasnur, vol. 5, no. 02, pp. 36–40, 2019.

R. P. Bendriyanti and L. N. Zulita, “Implementasi E-Arsip Pada Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bengkulu,” J. Media Infotama, vol. 8, no. 1, 2012.

W. Pamulasari and N. Suryana, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN SURAT BERBASIS WEB PADA KANTOR BPJS KETENAGAKERJAAN CABANG SUKABUMI,” ENSAINS J., vol. 3, no. 1, pp. 34–41, 2020.

R. A. Latif and E. Effiyaldi, “Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Arsip Berbasis Web Pada Sekretariat DPRD Kota Jambi,” J. Manaj. Sist. Inf., vol. 5, no. 2, pp. 210–222, 2020.

A. M. A’id and A. Megayanti, “Sistem Manajemen Arsip Terpadu Berbasis Mobile Android Dalam Menunjang Efesiensi Kerja Pt. Krakatau Steel,” J. Ilm. Sains dan …, 2020.

M. D. Irawan and S. A. Simargolang, “Implementasi E-Arsip Pada Program Studi Teknik Informatika,” JurTI (Jurnal Teknol. Informasi), vol. 2, no. 1, pp. 67–84, 2018.

G. Taufik, “Extreme Programming Guna Rancang Bangun Sistem Informasi Pengarsipan Dokumen,” BINA Insa. ICT J., vol. 5, no. 1, pp. 11–20, 2018.

A. Suryadi, “RANCANG BANGUN SISTEM PENGELOLAAN ARSIP SURAT BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE WATERFALL (STUDI KASUS : KANTOR DESA KARANGRAU BANYUMAS),” J. Khatulistiwa Inform., 2019, doi: 10.31294/jki.v7i1.36.

M. Ghozi and D. Irfan, “PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN ARSIP DAN DISPOSISI SURAT BERBASIS WEB DI BPN KOTA PADANG,” VoteTEKNIKA J. Vocat. Tek. Elektron. dan Inform., vol. 6, no. 2, pp. 113–121, 2018.

Sommerville, Ian, 2011,Software Engineering (Rekayasa Perangkat Lunak). Jakarta : Erlangga.

M.Firman Arif, S.Kom., M.Kom, 2019, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi, penerbit: Qiara Media




DOI: https://doi.org/10.32736/sisfokom.v10i3.1300

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed By:

 



Creative Commons License
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) has ISSN 2301-7988 and e-ISSN 2581-0588 which is published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ISB Atma Luhur under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web Analytics Made Easy - StatCounter