Analisis Kesuksesan Aplikasi Shopee Dari Perspektif Penggemar K-Pop Menggunakan Model Delone dan McLean

Authors

  • Estie Grace Melisa Sinulingga Universitas Kristen Satya Wacana
  • Kristoko D. Hartomo Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.32736/sisfokom.v11i2.1411

Keywords:

Kualitas Sistem Informasi, Mclean dan DeLone, Shopee

Abstract

Aplikasi Shopee dirancang sebagai sebuah aplikasi e-commerce yang dapat membantu penggunanya untuk berbelanja secara efisien dan menghemat waktu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa sukses dari aplikasi Shopee dan variabel apa yang mempengaruhi kepuasan pengguna dari perspektif penggemar K-Pop selaku salah satu pengguna pada aplikasi tersebut. Penelitian ini akan menguji menggunakan lima variabel dari metode DeLone and McLean yaitu: kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, kegunaan dan kepuasan pengguna. Penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode kuantitatif berupa survey dengan kuesioner, kemudian analisis data menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan Smartpls V3. Data yang dihasilkan berupa hasil analisa dengan menampilkan data dari uji validitas dan uji reliabilitas. Kuesioner yang akan dibagikan kepada responden melalui jejaring sosial, dimana yang menjadi target untuk mengisi data pada kuesioner ini adalah para penggemar K-Pop yang sering atau sudah pernah menggunakan aplikasi Shopee. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat 1 (satu) hipotesis dari 6 (enam) hipotesis yang ditolak. Hipotesis yang ditolak merupakan sebuah hipotesis yang memprediksi Kualitas Informasi mempengaruhi Kegunaan menunjukkan koefisien 1.674 (t-statistik <1.96) tidak diterima. Hasil dari penelitian ini memberikan pandangan bahwa Kualitas Informasi dan Kegunaan memiliki pengaruh yang sangat tidak baik, oleh karena itu perlunya peningkatan untuk memperbaiki aplikasi menjadi lebih baik.

References

E. Japarianto and S. Adelia, “Pengaruh Tampilan Web Dan Harga Terhadap Minat Beli Dengan Kepercayaan Sebagai Intervening Variable Pada E-Commerce Shopee,” J. Manaj. Pemasar., vol. 14, no. 1, pp. 35–43, 2020, doi: 10.9744/pemasaran.14.1.35-43.

S. Saepudin, M. Muslih, and S. Solehah, “Sistem Keputusan Pemilihan Musik Korea Terhadap Musik Lokal Indonesia Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP),” J. Ris. Sist. Inf. dan Teknol. Inf., vol. 3, no. 1, pp. 36–44, 2021, doi: 10.52005/jursistekni.v3i1.67.

Y. Meidita, Suprapto, and R. I. Rokhmawati, “Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan, Kepercayaan dan Loyalitas Pelanggan Pada E-Commerce (Studi Kasus : Berrybenka),” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 11. pp. 5682–5690, 2016.

M. Veronica, S. Paramita, L. Savitri, and S. Utami, “Eksploitasi Loyalitas Penggemar Dalam Pembelian Album K-Pop.” Jurnal Koneksi, vol.2, no. 02. Pp. 433-440, 2021, doi: 10.24912/kn.v2i2.3920.

D. Pranitasari and A. N. Sidqi, “Analisis Kepuasan Pelanggan Elektronik Shopee menggunakan Metode E-Service Quality dan Kartesius,” Jurnal Akuntansi dan Manajemen, vol. 18, no. 02, pp. 12–31, Oct. 2021, doi: 10.36406/jam.v18i02.438.

N. K. Nadia Kaswarina and M. P Adiputra, “Pengaruh Pemahaman Teknologi Informasi, Pendapatan, Dan Biaya Terhadap Penggunaan Platform Marketplace Shopee (Studi Pada Pelaku UMKM di Kabupaten Buleleng,” JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi), vol. 12, no. 03, pp. 693–703, 2021, doi: https://doi.org/10.23887/jimat.v12i3.34446.

D. Andriyanto, F. Said, F. Titiani, and E. Erni, “Analisis Kesuksesan Aplikasi Jakarta Kini (JAKI) Menggunakan Model Delone and McLean,” Paradig. - J. Komput. dan Inform., vol. 23, no. 1, pp. 43–48, 2021, doi: 10.31294/p.v23i1.10018.

J. M. Kerta and A. D. Suryawan, “Analysis of Information System Implementation in Binus University Using Delone and Mclean Information System Success Model and Cobit Framework,” CommIT (Communication Inf. Technol. J., vol. 7, no. 1, p. 13, 2013, doi: 10.21512/commit.v7i1.578.

N. Agustina and E. Sutinah, “Model Delone dan McLean Untuk Menguji Kesuksesan Aplikasi Mobile Penerimaan Mahasiswa Baru,” InfoTekJar (Jurnal Nas. Inform. dan Teknol. Jaringan), vol. 3, no. 2, pp. 76–82, 2019, doi: 10.30743/infotekjar.v3i2.1008.

S. Hidayatullah, U. Khouroh, I. Windhyastiti, R. G. Patalo, and A. Waris, “Implementasi Model Kesuksesan Sistem Informasi DeLone And McLean Terhadap Sistem Pembelajaran Berbasis Aplikasi Zoom Di Saat Pandemi Covid-19,” J. Teknol. dan Manaj. Inform., vol. 6, no. 1, pp. 44–52, 2020, doi: 10.26905/jtmi.v6i1.4165.

F. Sapty Rahayu, R. Apriliyanto, and Y. Sigit Purnomo Wuryo Putro, “Analisis Kesuksesan Sistem Informasi Kemahasiswaan (SIKMA) dengan Pendekatan Model DeLone dan McLean,” Indones. J. Inf. Syst., vol. 1, no. 1, pp. 34–46, 2018, doi: 10.24002/ijis.v1i1.1704.

A. Basyir and L. Safitri, “Determinan Kesuksesan Sistem Informasi Core Banking System dengan Variabel Pendekatan Model Delone dan Mclean,” J. Heal. Sains, vol. 3, no. 1, pp. 37–51, 2022, doi: 10.46799/jsa.v3i1.370.

C. Nisa’ and R. D. Wulandari, “Evaluasi Implementasi Aplikasi Bpjstku Mobile,” Bul. Penelit. Kesehat., vol. 48, no. 1, pp. 51–62, 2020, doi: 10.22435/bpk.v48i1.625.

E. P. Sari and S. Sukardi, “Optimalisasi Penggunaan E-learning dengan Model Delone dan McClean,” J. Educ. Technol., vol. 4, no. 2, p. 141, 2020, doi: 10.23887/jet.v4i2.24819.

S. Hidayatullah, U. Khouroh, I. Windhyastiti, R. G. Patalo, and A. Waris, “Implementasi Model Kesuksesan Sistem Informasi DeLone And McLean Terhadap Sistem Pembelajaran Berbasis Aplikasi Zoom Di Saat Pandemi Covid-19,” J. Teknol. dan Manaj. Inform., vol. 6, no. 1, pp. 44–52, 2020, doi: 10.26905/jtmi.v6i1.4165.

M. M. Rahmad Solling Hamid, S.E. and M. M. Dr. Suhardi M Anwar, Drs., Structural Equation Modeling (SEM) Berbasis Varian, 1st ed. Jakarta Pusat: PT Inkubator Penulis Indonesia, 2019.

Downloads

Published

2022-08-02

Issue

Section

Articles