Pengaruh Kemudahan Penggunaan dan Kemanfaatan Learning Management System (LMS) Terhadap Niat Penggunaan E-Learning

Authors

  • Hersatoto Listiyono Universitas Stikubank Semarang
  • Sunardi Sunardi Universitas Stikubank Semarang
  • Agus Prasetyo Utomo Universitas Stikubank Semarang
  • Novita Mariana Universitas Stikubank Semarang

DOI:

https://doi.org/10.32736/sisfokom.v11i2.1419

Keywords:

LMS, Itention to use, Perceived Easy of Use, Perceived Usefulness, E-Learning

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah guna menganalisis dan menjelaskan pengaruh kemudahan  dan kegunaan teknologi Learning Management System (LMS) terhadap niat mahasiswa dalam menggunakanya selama masa pandemi COVID 19. Variabel bebas adalah Kemudahan Penggunaan dan Kegunaan/kemanfaatan teknologi LMS, serta variabel terikatnya adalah Niat Pengguna LMS. Jenis penelitian penjelasan (explanatory research), yaitu melalui pengujian hipotesa dengan menjelaskan hubungan kausal antar variabel. Responden adalah mahasiswa Universitas Stikubank Semarang yang tersebar di 4 fakultas. Sampel sebanyak 93 responden dengan menggunakan teknik insedentil non propability sampling. Analisis data yang digunakan deskriptif kuantitatif dan analisis regresi linier berganda. Hasil uji hipotesis terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel Kemudahan Penggunaan terhadap Niat Pengguna dengan nilai beta sebesar 0,207. Sementara itu variabel Kemanfaatan terhadap Niat Pengguna juga berpengaruh positif signifikan dengan nilai beta sebesar 0,664. Niat mahasiswa menggunakan LMS pada e-learning sebesar 68,8% (Adjusted R2) dipengaruhi variabel kemudahan dan kemanfaatan, sisanya sebesar 31,2% dipengaruhi oleh variabel lain. Selain itu, manfaat yang dirasakan memiliki pengaruh paling besar pada niat perilaku untuk menggunakan LMS.

References

N. H. S. Simanullang and J. Rajagukguk, “Learning Management System (LMS) Based on Moodle to Improve Students Learning Activity,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1462, no. 1, 2020, doi: 10.1088/1742-6596/1462/1/012067.

I. Maita and Almarozi, “Analisis Penerapan E-learning Menggunakan Thechnology Acceptance Model (TAM),” J. Inf. dan Teknol., vol. 4, no. 2, pp. 86–90, 2022, doi: 10.37034/jidt.v4i2.201.

W. A. K. Decya Holygina Benita, “ANALISIS TINGKAT EFEKTIVITAS PLATFORM E-LEARNING LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) TERHADAP MAHASISWA,” Equiv. J. Ilm. Sos. Tek., vol. 4, no. 8.5.2017, pp. 8–18, 2022.

R. R. Hamidy, M. Mashur, and L. N. Yaqin, “Faktor yang Mempengaruhi Pembelajaran Daring Melalui LMS pada Masa Covid 19,” Edumatic J. Pendidik. Inform., vol. 5, no. 2, pp. 288–295, 2021, doi: 10.29408/edumatic.v5i2.4158.

A. C. Ismanto, “Penerimaan dan Intensi Penggunaan E-Learning Mahasiswa Pada Kondisi Sumber Daya Terbatas,” J. Ilm. Akunt. Dan Keuang., vol. 16, no. 2, pp. 1–14, 2021.

N. Setiawan, M. Nurhadi, D. Djuwito, and P. Diptyana, “Analisis Perilaku Penggunaan Learning Management System,” Spirit Pro Patria, vol. IV, no. 2, pp. 138–153, 2018.

M. A. Iqbal, Y. Murni, and A. badawi Daluy, “The Determination Model to Use E-Learning,” vol. 11, no. 15, pp. 77–87, 2019, doi: 10.7176/EJBM/11-21-09.

C. Fauziati and Irwansyah, “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penerimaan Mobile Learning Applications ( Apps ),” Iptek-Kom, vol. 22, no. 1, pp. 45–57, 2020.

N. F. Abdel-Maksoud, “The Relationship between Students’ Satisfaction in the LMS ‘Acadox’ and Their Perceptions of Its Usefulness, and Ease of Use,” J. Educ. Learn., vol. 7, no. 2, p. 184, 2018, doi: 10.5539/jel.v7n2p184.

A. Mukminin, A. Habibi, M. Muhaimin, and L. D. Prasojo, “Exploring the drivers predicting behavioral intention to use m-learning management system: Partial least square structural equation model,” IEEE Access, vol. 8, 2020, doi: 10.1109/ACCESS.2020.3028474.

M. H. . Musriannur, R. . Yasirandi, and D. Oktaria, “Pengukuran dan Analisis Penerimaan LMS sebagai Media Belajar Online menggunakan Technology Acceptance Model di Universitas Telkom,” eProceedings Eng., vol. 8, no. 5, pp. 11505–11519, 2021.

Downloads

Published

2022-08-03

Issue

Section

Articles