Decision Support System Forecasting Penjualan Menggunakan Metode Simple Moving Average (Studi Kasus : CV. Perkakas Indonesia)

Authors

  • Tutik Mutmainnatul Jannah Universitas Narotama
  • Latipah Latipah Universitas Narotama
  • Achmad Muchayan Universitas Narotama

DOI:

https://doi.org/10.32736/sisfokom.v11i2.1434

Keywords:

Forecasting, penjualan, SMA, RMSE

Abstract

Dalam dunia perdagangan, selalu terjadi persaingan antar pebisnis, sehingga mereka harus memikirkan strategi penjualan yang efektif. CV. Perkakas Indonesia adalah salah satu perusahaan yang memiliki kendala dalam manajemen stok sehingga sering terjadi pembatalan pesanan yang di akibatkan dari manajemen stok yang kurang efektif. Tujuan dari penelitian ini yaitu menerapkan aplikasi forecasting dengan Simple moving average untuk memprediksi penjualan di bulan selanjutnya, memudahkan Perusahaan dalam memilih keputusan untuk restock barang dalam jumlah banyak atau sedikit, tidak lagi terjadi selisih manajemen stok dalam artian penumpukan barang dan kekurangan stok serta perusahaan dapat melakukan pembelian barang dengan akurat. Metode Simple moving average atau juga disingkat SMA adalah salah satu metode dari Moving Average yang paling efisien dalam proses perhitungannya, Simple moving average merupakan metode peramalan yang dilakukan dengan mengambil nilai pengamatan, kemudian mencari rata- ratanya sebagai ramalan untuk periode di masa mendatang. Hasil analisis yang diperoleh dari data historis penjualan CV. Perkakas Indonesia pada bulan Januari 2022 sampai Juli 2022, dengan menggunakan nilai interval 2,3,4 dan 5 pada Penjualan selama 9 periode didapatkan nilai Interval 2 yang menghasilkan nilai akurasi forecasting MSE dan RMSE paling baik dan memiliki tingkat Mean Squared Error lebih kecil dibandingkan metode Simple moving average 3 Bulanan, 4 Bulanan, ataupun 5 Bulanan.

References

Sugiyanto and U. B. Haryoko, Manajemen Pemasaran. Banten: Yayasan Pendidikan dan Sosial Indonesia Maju(YPSIM), 2020.

V. Gaspersz, Production Planning and Inventory Control. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1998.

E. N. S. Dewi and A. A. Chamid, “Implementation of Single Moving Average Methods For Sales Forecasting Of Bag In Convection Tas Loram Kulon,” J. Transform., vol. 16, no. 2, p. 113, 2019, doi: 10.26623/transformatika.v16i2.1047.

R. Rachman, “Penerapan Metode Moving Average Dan Exponential Smoothing Pada Peramalan Produksi Industri Garment,” J. Inform., vol. 5, no. 2, pp. 211–220, 2018, doi: 10.31311/ji.v5i2.3309.

Y. Astuti, B. Novianti, T. Hidayat, D. Maulina, M. I. Universitas, and A. Yogyakarta, “PENERAPAN METODE SINGLE MOVING AVERAGE UNTUK PERAMALAN PENJUALAN MAINAN ANAK.”

A. I. Jaya, T. Desyani, J. Surya, K. No, P. Tangerang, and S. Banten, “Prosiding Seminar Nasional Informatika dan Sistem Informasi PERANCANGAN APLIKASI FORECASTING PENJUALAN DENGAN METODE MOVING AVERAGE DAN EXPONENTIAL SMOOTHING BERBASIS WEB DESIGNING SALES FORECASTING APPLICATIONS WITH WEB-BASED MOVING AVERAGE AND EXPONENTI.”

A. H. DS and B. Prabawani, “Manajemen operasi,” p. 1500, 2009, [Online]. Available: file:///D:/BULAN/1 DATA D/Paper/0178-BA-FISIP-2009.pdf.

C. D. D. Arthur J. Keown, David F. Scott, John D. Martin, J. William Petty, Dasar-dasar Manajemen Keuangan, 7th ed. Jakarta : Salemba Empat, 1999 Salemba Empat, 1999, 2000.

H. Kusuma, Manajemen Produksi. Yogyakarta: ANDY OFFSET, 2009.

D. Susandi and F. Nafis, “SISTEM PERAMALAN PENJUALAN PAVING BLOCK MENGGUNAKAN METODE SINGLE MOVING AVERAGE,” Sist. Inf. |, vol. 8, no. 2, pp. 75–81, 2021.

A. L, “Peramalan bisnis,” Peramalan bisnis Ed. pertama, vol. 2, pp. 337–358, 1994.

D. Oktarini, I. Pratiwi, and O. Utami, “Perencanaan pengendalian produksi dan persediaan pada industri karet pt melania indonesia,” J. Integr., vol. 2, no. 2, pp. 16–24, 2017.

Downloads

Published

2022-08-15

Issue

Section

Articles