Pengaruh Kualitas Layanan ISP-S Pada Kepuasan Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Masa Pandemi COVID 19 – Mix Method SERVPERF dan ICT
DOI:
https://doi.org/10.32736/sisfokom.v11i3.1471Keywords:
Internet Service Providers, Service Quality, Expectancy Confirmation Theory, PLS-SEM, QuantitativeAbstract
Internet menjadi hal yang diminati masyarakat dengan fakta kenaikan pengguna pada tahun 2020 sekitar 73,7%. Menurut APJII salah satu penyebab peningkatan pengguna internet karena kebutuhan yang menyebabkan segala proses tatap muka diubah menjadi tatap maya dampak pandemi COVID 19. Hal itu berdampak terhadap segala bidang tidak terkecuali dunia pendidikan. Namun fakta lain yang terjadi menjelaskan peningkatan pengguna internet juga beriringan dengan tingginya keluhan masyarakat yang memakai internet provider seluler. Salah satu faktor yang perlu dikaji yaitu kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan adanya kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada saat pelanggan (mahasiswa) melaksanakan pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan gabungan teori Service Performance (SERVPERF) dan Expevtation Confirmation Theory (ECT) dengan memakai variabel network quality dan competitive advantage untuk SERVPERF dan satisfaction untuk ECT. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah dengan metode kuantitatif, pengambilan data menggunakan teknik purposive sampling menggunakan sampel berdasarkan tabel Ishac dan Michael dengan melakukan penyebaran kuisioner. Proses analisa data menggunakan aplikasi pendukung SmartPLS dan memiliki jumlah responden sebanyak 348 yang terdiri dari berbagai mahasiswa Universitas di Jawa Timur. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwasannya adanya pengaruh antar variabel dari kualitas layanan yaitu network quality dan copetitiive advantage bernilai positif dengan bukti nilai path > 0 sebesar 0,153 untuk variabel network quality dan untuk 0,136 pada variabel competitive advantage dan signifikan dibuktikan dengan nilai T statistic > 1.67 dan P Values < 0,05References
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, “Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 35952/MPK.A/HK/2020,” Mendikbud RI, pp. 1–2, 2020, [Online]. Available: https://www.kemdikbud.go.id
Apjii.or.id, “BULETINAPJIIEDISI74November2020.pdf.” 2020.
P. Pasaribu, “Evolusi Teknologi Telekomunikasi Bergerak: 1G to 4G,” Komunitas eLearning IlmuKomputer.Com, pp. 1–8, 2006.
U. G. Mada, “Survei Kuliah Daring Mahasiswa,” p. 3847, 2021.
A. W. Irawan, A. Yusufianto, D. Agustina, and R. Dean, “Laporan Survei Internet Apjii 2019-2020 (Q2),” vol. 2020, p. 15, 2020.
E. Windhiyana, “Dampak Covid-19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online Di Perguruan Tinggi Kristen Di Indonesia,” Perspekt. Ilmu Pendidik., vol. 34, no. 1, pp. 1–8, 2020, doi: 10.21009/pip.341.1.
H. Aditia, “Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banjarnegara,” vol. 7, no. September, p. 92027, 2020, [Online]. Available: http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf
S. N. Minarti and W. Segoro, “The Influence of Customer Satisfaction, Switching Cost and Trusts in a Brand on Customer Loyalty – The Survey on Student as im3 Users in Depok, Indonesia,” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 143, pp. 1015–1019, 2014, doi: 10.1016/j.sbspro.2014.07.546.
F. Mulyono, I. A. Bisnis, and F. Unpar, “Pengaruh Service Performance terhadap Kepuasan Konsumen dan Implikasinya kepada Loyalitas Pelanggan Citi Trans Bandung,” 2012.
T. N. Quach, C. Jebarajakirthy, and P. Thaichon, “The effects of service quality on internet service provider customers’ behaviour: A mixed methods study,” Asia Pacific J. Mark. Logist., vol. 28, no. 3, pp. 435–463, 2016, doi: 10.1108/APJML-03-2015-0039.
H. Gendel-Guterman and M. Billig, “Increasing citizen satisfaction with municipal services: the function of intangible factors,” Int. Rev. Public Nonprofit Mark., no. December, 2020, doi: 10.1007/s12208-020-00267-y.
J. J. Cronin and S. A. Taylor, “Measuring Service Quality: A Reexamination and Extension,” J. Mark., vol. 56, no. 3, p. 55, 1992, doi: 10.2307/1252296.
P. A. Dabholkar, D. I. Thorpe, and J. O. Rentz, “A measure of service quality for retail stores: Scale development and validation,” J. Acad. Mark. Sci., vol. 24, no. 1, pp. 3–16, 1996, doi: 10.1007/bf02893933.
M. Adil, O. Falah, M. Al, and A. M. Albkour, “SERVQUAL and SERVPERF: A Review of Measures in Services Marketing Research,” vol. 13, no. 6, 2013.
R. L. Oliver, “A Cognitive Model of the antecedents and Consequences os satisfaction decisions,” J. Mark. Res., vol. 17, no. 9, p. 460, 1980.
M. Pokryshkina, “The Impact of Customer Service Quality on Customer Satisfaction In Tourism Sector,” Degree Program. Tour., no. November, pp. 1–51, 2015.
M. R. Juliansyah, “Pengaruh Image Product Terhadap Loyalitas Pengguna E-Commerce Di Indonesia Dengan Menggunakan Model Expectation Confirmation Theory ( Ect ) Dan Theory Reasoned Action ( Tra ),” 2018.
L. R. Kahle and N. K. Malhotra, Marketing Research: An Applied Orientation, vol. 31, no. 1. 1994. doi: 10.2307/3151953.
C. J. McDaniel, “Course Outline : Marketing Research ( MOS 3420F , Section 002 , Class # 12106 ),” vol. 9781118043, pp. 1–11, 2013.
E. Bryman, Alan; Bell, “Bussiness Research Methods,” 2007.
A. S. Putra, “Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Profitabilitas Perusahaan (Studi Empiris pada Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2013),” J. Nominal, vol. IV, no. 2, pp. 88–110, 2015.
H. Halin, H. Wijaya, and R. Yusilpi, “Pengaruh Harga Jual Kaca Patri Jenis Silver Terhadap Nilai Penjualan Pada Cv. Karunia Kaca Palembang Tahun 2004-2015,” J. Ecoment Glob., vol. 2, no. 2, p. 49, 2017, doi: 10.35908/jeg.v2i2.251.
V. Briliana and N. Mursito, “Exploring antecedents and consequences of Indonesian Muslim youths’ attitude towards halal cosmetic products: A case study in Jakarta,” Asia Pacific Manag. Rev., vol. 22, no. 4, pp. 176–184, 2017, doi: 10.1016/j.apmrv.2017.07.012.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the article that accepted for publication shall be assigned to Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) and LPPM ISB Atma Luhur as the publisher of the journal. Copyright includes the right to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), LPPM ISB Atma Luhur, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) are the sole and exclusive responsibility of their respective authors.
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) has full publishing rights to the published articles. Authors are allowed to distribute articles that have been published by sharing the link or DOI of the article. Authors are allowed to use their articles for legal purposes deemed necessary without the written permission of the journal with the initial publication notification from the Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer).
The Copyright Transfer Form can be downloaded [Copyright Transfer Form Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer).
This agreement is to be signed by at least one of the authors who have obtained the assent of the co-author(s). After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted. The copyright form should be signed originally, and send it to the Editorial in the form of scanned document to sisfokom@atmaluhur.ac.id.