Smart School Berbasis Web Interaktif di SD Swasta Amaliyah Sunggal dengan Algoritma K-Means Cluster

Authors

  • Muhammad Syafri Fauzi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Samsudin Samsudin Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.32736/sisfokom.v11i3.1479

Keywords:

Data Mining, K-Means Clustering, Smart School

Abstract

Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting dalam sebuah pembangunan nasional, pada umumnya pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Namun kebanyakan praktek dalam dunia pendidikan masih menggunakan metode kovensional baik itu dalam hubungan kemasyarakat, penulisan raport, dan penentuan kenaikan kelas siswa. Penentuan kenaikan siswa merupakan salah satu hal yang akan memiliki dampak besar bagi kemampuan siswa, lingkungan belajar, dan poroses belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu memanfaatkan Aplikasi Smart School yang dimana fungsi utamanya adalah mempermudah proses kerja di lembaga sekolah. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan R&D, yang terdiri dari 5 langkah yaitu requirements, analysis, design, development, testing, dan maintenance. Serta menggunakan algoritma K-Means seagai system penentuan, dan pembagian kelas bagi siswa yang naik kelas Aplikasi Smart School ini dibuat berbasis web agar ringan, dan mudah digunakan. Sedangkan Algoritma K-Means akan mengolah nilai siswa sebanyak 311 orang, dengan membuat 3 cluster untuk setiap kelasnya yakni A,B, dan C. Dan atribut yang dipakai untuk melakukan perhitungan K-Means adalah 8 matapelajaran, dan 7 jenis kepribadian yang dimiliki oleh setiap siswa.

Author Biographies

Muhammad Syafri Fauzi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Samsudin Samsudin, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

References

Nurahman, N., Purwanto, A., & Mulyanto, S. (2022). “Klasterisasi Sekolah Menggunakan Algoritma K-Means berdasarkan Fasilitas, Pendidik, dan Tenaga Pendidik. MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer” ,21(2), 337–350.

Ruli, H., Fatmayanti, A., & Hasyim, A. (2022). “Penerapan Teknik Pembelajaran Clustering Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Di SMP YP PGRI 4 Makassar”. Educatioanl Journal: General and Specific Research, 2(2), 336–343.

Noviansyah, M. R., Nuryasin, I., & Chandranegara, D. R. (2022). “Pengembangan Sistem Pengelompokan Sekolah Menggunakan Metode Algoritma K-Means (Studi Kasus Dinas Pendidikan Kabupaten Malang)”. REPOSITOR, 4(2), 103–112.

Arie Wijaya, Y. (2022). “Clustering Data Calon Siswa Baru Menggunakan Metode K-Means di Sekolah Menengah Kejuruan Wahidin Kota Cirebon. In Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika)” (Vol. 6, Issue 2)

Khadaffi, Y., & Kurnia, W. (2021). “Aplikasi Smart School Untuk Kebutuhan Guru di Era New Normal (Studi Kasus : SMA Negeri 1 Krui). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi” (JTSI), 2(2), 15.

Afandi, D. T., Riyan, A. B., Hartati, T., Amalia, D. R., & Nurdiawan, O. (2021). “aplk di SDIT Ibnu Khaldun Cirebon. Jurnal Riset Komputer)”, 8(6), 2407–389.

Satria, C., & Anggrawan, A. (2021). Aplikasi K-Means berbasis Web untuk Klasifikasi Kelas Unggulan. MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 21(1), 111–124.

Natalia Br Sembiring, S., Winata, H., Kusnasari, S., Informasi, S., & Triguna Dharma, S. (n.d.). “Pengelompokan Prestasi Siswa Menggunakan Algoritma K-Means.”

Hutagalung, J., Hendro Syahputra, Y., Pertiwi Tanjung, Z., Triguna Dharma, S., & Pintu Air, J. I. (2022). “Pemetaan Siswa Kelas Unggulan Menggunakan Algoritma K-Means Clustering”. Hal AH Nasution, 9(1).

Christian, I. C., Supianto, A. A., & Rokhmawati, R. I. (2019). “Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran Berbasis Website Untuk Materi Laju Reaksi di Tingkat SMA (Studi Pada SMA Brawijaya Smart School Malang)” (Vol. 3, Issue 7).

Noviati, O. :, Kurnia, D. A., & Rinaldi, A. R. (n.d.). “Clustering Data Penjualan Produk Makanan pada Toko Toserba Yogya Siliwangi dengan Menggunakan Metode K-Means.” 7(1).

Sibuea, F. L., & Sapta, A. (2017).”Pemetaan Siswa Berprestasi Menggunakan Metode K-Means Clustering”. 1, 85–92.

Elda, Y., Defit, S., Yunus, Y., & Syaljumairi, R. (2021). “Klasterisasi Penempatan Siswa yang Optimal untuk Meningkatkan Nilai Rata-Rata Kelas Menggunakan K-Means”. Jurnal Informasi Dan Teknologi, 103–108.

Oktarian, S., Defit, S., & Sumijan. (2020). “Clustering Students’ Interest Determination in School Selection Using the K-Means Clustering Algorithm Method” . Jurnal Informasi Dan Teknologi, 68–75.

Nur, F., Zarlis, M., & Nasution, B. B. (n.d.). “Penerapan Algoritma K-Means Pada Siswa Baru Sekolah Menengah Kejuruan Untuk Clustering Jurusan “.

Rizki, R. (2019). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI PENERIMA BEASISWA BIDIK MISI BAGI MAHASISWA BARU UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS CLUSTERING. In Indonesian Journal of Fundamental Sciences (Vol. 5, Issue 1).

Indriyani, F., & Irfiani, E. (2019). Clustering Data Penjualan (Vol. 7, Issue 2).

Nur, F., Zarlis, M., & Nasution, B. B. (n.d.). “PENERAPAN ALGORITMA K-MEANS PADA SISWA BARU SEKOLAHMENENGAH KEJURUAN UNTUK CLUSTERING JURUSAN.”

Suryadi, S. (2018). “PENERAPAN METODE CLUSTERING K-MEANS UNTUK PENGELOMPOKAN KELULUSAN MAHASISWA BERBASIS KOMPETENSI” Oleh. In Jurnal Ilmiah AMIK Labuhan Batu (Vol. 6, Issue 1).

Rusi, I. (2022). “Implementasi Webqual dan End-User Computing Satisfaction untuk Menganalisis Kualitas dan Kepuasan Pengguna Website”. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 11(2), 154–161.

Downloads

Published

2022-12-01

Issue

Section

Articles