Analisis Kepuasan Pengguna Pada E-Learning menggunakan Metode End User Computing Satisfaction
DOI:
https://doi.org/10.32736/sisfokom.v12i1.1575Keywords:
Kepuasan Pengguna, E-Learning, End User Computing SatisfactionAbstract
E-learning merupakan rangkaian proses dan penerapan pembelajaran yang berguna memperlancar kegiatan belajar mengajar di SMA Xaverius 1 Palembang yang awalnya digunakan selama COVID-19 hingga sekarang. Guna mengetahui pencapaian penerapan e-learning dan agar dapat menjadi pertimbangan dalam keberlanjutan penerapannya. Maka, dilakukan evaluasi kepuasan pengguna akhir e-learning SMA Xaverius 1 Palembang. Adapun metode yang dipakai guna mengukur kepuasan pengguna akhir ialah End User Computing Satisfaction (EUCS) dengan lima aspek, yakni content, accuracy, format, timeliness, dan ease of use. Terdapat 307 responden yang terdiri atas guru dan murid yang pernah menggunakan e-learning SMA Xaverius 1 Palembang dengan penyebaran kuisioner melalui google form dan kuisioner secara langsung di lokasi. Hasil dari penelitian ini menyatakan seluruh aspek memiliki tingkat kepuasan berada pada kategori puas. Adapun rekomendasi pengembangan kepada pihak terkait e-learning antara lain, dalam hal error dan stabilnya sistem, fitur chat, fitur notifikasi tugas, dan bantuan langsung dalam e-learning SMA Xaverius 1 Palembang.References
N. N. Supuwiningsih, R. R. Rerung, and M. S. Indonesia, E-Learning untuk Pembelajaran Abad 21 dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Media Sains Indonesia, 2021.
A. M. Maatuk, E. K. Elberkawi, S. Aljawarneh, H. Rashaideh, and H. Alharbi, “The COVID-19 pandemic and E-learning: challenges and opportunities from the perspective of students and instructors,” J. Comput. High. Educ., no. 0123456789, 2021, doi: 10.1007/s12528-021-09274-2.
L. Pham, Y. B. Limbu, T. K. Bui, H. T. Nguyen, and H. T. Pham, “Does e-learning service quality influence e-learning student satisfaction and loyalty? Evidence from Vietnam,” Int. J. Educ. Technol. High. Educ., vol. 16, no. 1, 2019, doi: 10.1186/s41239-019-0136-3.
D. Harjadi and I. Arraniri, Experiential Marketing dan Kualitas Produk dalam kepuasan pelanggan generasi milenial. 2021.
A. Syifa, “EVALUASI PENERAPAN E-LEARNING MELALUI MODEL CIPP DI PROGRAM STUDI PSIKOLOGI ISLAM IAIN PONTIANAK,” J. As-Salam, vol. 4, no. 2, 2020, doi: 10.37249/as-salam.v4i2.210.
W. A. Putera and I. M. Candiasa, “Analysis of e-learning user satisfaction itb stikom bali using end user computing satisfaction (eucs) method,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1810, no. 1, pp. 1–8, Mar. 2021, doi: 10.1088/1742-6596/1810/1/012017.
V. P. Aggelidis and P. D. Chatzoglou, “Hospital information systems: Measuring end user computing satisfaction (EUCS),” J. Biomed. Inform., vol. 45, no. 3, 2012, doi: 10.1016/j.jbi.2012.02.009.
T. A. Prasetya, C. T. Harjanto, and A. Setiyawan, “Analysis of student satisfaction of e-learning using the end-user computing satisfaction method during the Covid-19 pandemic,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1700, no. 1, 2020, doi: 10.1088/1742-6596/1700/1/012012.
A. R. Darwi and E. Efrizon, “Analisis Kepuasan Pengguna E-Learning Sebagai Pendukung Aktivitas Pembelajaran Menggunakan Metode Eucs,” Voteteknika (Vocational Tek. Elektron. dan Inform., vol. 7, no. 1, p. 25, 2019, doi: 10.24036/voteteknika.v7i1.103639.
A. Dwike Ayu Rinjani and D. Rahman Prehanto, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Bibit Reksadana Menggunakan Metode Eucs Dan Ipa,” J. Ilm. Tek. Inform. dan Sist. Inf., 2021.
M. J. Pranita, D. H. Zulfikar, and C. E. Gunawan, “Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Keagenan PERISAI Menggunakan End User Computing Satisfaction (Studi Kasus: BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Palembang),” Jusifo, vol. 5, no. 2, pp. 91–104, 2019, doi: 10.19109/jusifo.v5i2.5191.
A. Saputra and D. Kurniadi, “Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi E-Campus Di Iain Bukittinggi Menggunakan Metode Eucs,” Voteteknika (Vocational Tek. Elektron. dan Inform., vol. 7, no. 3, p. 58, 2019, doi: 10.24036/voteteknika.v7i3.105157.
T. Suhono and H. Al Fatta, “PENYUSUNAN DATA PRIMER SEBAGAI DASAR INTEROPERABILITAS SISTEM INFORMASI PADA PEMERINTAH DAERAH MENGGUNAKAN DIAGRAM RACI (Studi Kasus: Pemerintah Kabupaten Purworejo),” JNANALOKA, 2021, doi: 10.36802/jnanaloka.2021.v2-no1-35-44.
A. Penelitian, D. Rosa Indah, N. Nurfadillah, and J. Sistem Informasi, “Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi Attribution-ShareAlike 4.0 International Some rights reserved Evaluasi Kepuasan Pengguna Pada Website PalTV Dengan Metode EUCS INFORMASI ARTIKEL,” doi: 10.25077/TEKNOSI.v8i2.2022.089-097.
A. Dina Rosalin and L. Herfiyanti, “Ketepatan Pengembalian Rekam Medis Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Mitra Siaga Tegal,” Cerdika J. Ilm. Indones., vol. 1, no. 7, pp. 775–783, 2021, doi: 10.36418/cerdika.v1i7.117.
F. Indryani, I. Susanto, and D. M. Kusumawardani, “Rekomendasi Perbaikan Website E-Makaryo Berdasarkan Analisis Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS),” Remik, vol. 6, no. 3, pp. 465–474, 2022, doi: 10.33395/remik.v6i3.11629.
E. Mawardi, S. Samsunan, and F. Fathurrahman, “Kajian Pemeliharaan Rutin Pada Gedung Rektorat Universitas Teuku Umar,” TERAS J., vol. 10, no. 1, 2020, doi: 10.29103/tj.v10i1.276.
B. Darma, STATISTIKA PENELITIAN MENGGUNAKAN SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2). GUEPEDIA.
D. Novita and F. Helena, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Traveloka Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM) Dan End-User Computing Satisfaction (EUCS),” J. Teknol. Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 22–37, 2021, doi: 10.35957/jtsi.v2i1.846.
A. Fitriansyah and I. Harris, “Pengukuran Kepuasan Pengguna Situs Web Dengan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS),” Query J. Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 1–8, 2018, [Online]. Available: http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/query/article/view/1552.
D. Novita, “Analisis Pengaruh Implementasi E-Learning Vilep di Poltekkes Kemenkes Palembang dengan Pendekatan EUCS,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 7, no. 1, pp. 29–41, 2020, doi: 10.35957/jatisi.v7i1.290.
R. Andri, N. A. O. Saputri, and M. Akbar, “SISTEM NOTIFIKASI TUGAS AKHIR UNIVERSITAS BINA DARMA BERBASIS MOBILE,” SISTEMASI, vol. 9, no. 1, 2020
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the article that accepted for publication shall be assigned to Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) and LPPM ISB Atma Luhur as the publisher of the journal. Copyright includes the right to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), LPPM ISB Atma Luhur, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) are the sole and exclusive responsibility of their respective authors.
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) has full publishing rights to the published articles. Authors are allowed to distribute articles that have been published by sharing the link or DOI of the article. Authors are allowed to use their articles for legal purposes deemed necessary without the written permission of the journal with the initial publication notification from the Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer).
The Copyright Transfer Form can be downloaded [Copyright Transfer Form Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer).
This agreement is to be signed by at least one of the authors who have obtained the assent of the co-author(s). After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted. The copyright form should be signed originally, and send it to the Editorial in the form of scanned document to sisfokom@atmaluhur.ac.id.