Rancang Bangun Pengendali Rumah Jarak Jauh Terintegrasi Berbasis Mikrokontroler Menggunakan Jaringan Internet Memanfaatkan Framework Openhab

Yurindra Yurindra(1*), Joko Supriyanto(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penulisan ini adalah untuk menghasilkan karya nyata, berupa sistem pengendali perangkat elektronik rumah tangga yang terintegrasi berbasis internet yang bisa di aksess oleh berbagai perangkat dengan kendali jarak jauh. Metode yang di gunakan dalam pembuatan aplikasi pengendali rumah jarak jauh terintegrasi berbasis mikrokontoler menggunakan jaringan internet memanfaatkan framework Openhab penelitian ini terdiri dari beberapa tahap yaitu , studi pustaka, metode analisis, metode perancangan, dan implementasi. Hasil yang di capai adalah memberi kemudahan bagi pengguna smartphone dan pc yang terkoneksi dengan internet untuk mengendalikan perangat elektronik dan sistem kemanan pada rumah atau kantor untuk meningkatkan efesiensi, kenyamanan  dan kemanan pemilik rumah, dimana rangkaian ini bekerja ketika pengguna atau pemilik rumah ingin mengakses informasi pada rumahnya dimana setiap komponen seperti arduino , Ethernet sheld , Orange Pi yang bertidak sebagi server akan mengumpulkan data yang di dapat dari sensor-sensor dan kemudian di kirimkan kepada pengguna melalui menu intrface OpenHab. Kesimpulan yang di dapat adalah peralatan ini telah di uji dan dapat di gunakan dalam mengendalikan rumah jarak jauh yang terintegrasi dimana pemilik rumah dengan mudah mengendalikan peralatan elektronik pada rumah yang bisa di aksess melalui berbagai perangkat baik itu pc maupun smartphone.

Keywords


Smart Home, Home Automation, Internet of Things, OpenHab, Rumah Pintar.

Full Text:

PDF

References


Amperiyanto, Tri. Tips Ampuh Android. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2014.

Adelia, dan Jimmy Setiawan. “Implementasi Customer Relationship Management (CRM) pada Sistem Reservasi Hotel berbasisi Website dan Desktop”. Jurnal Sistem Informasi, 6 (hal.113-126), 2011.

Hartono, Bambang. Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2013.

Rizky, Soetam. Konsep Dasar Perangkat Lunak. Jakarta : Prestasi Pustaka, 2011.

Supardi, Yuniar. Sistem Operasi Andal Android. Jakarta : PT.Elex Media Komputindo, 2012.

Sumardi. Mikrokontroller Belajar AVR Mulai dari Nol. Yogyakarta : Graha Ilmu, 2013.

Sutabri, Tata. 2012. Konsep Dasar Informasi. Yogyakarta: Andi, 2012.

Syahwil, Muhammad. Panduan Mudah Simulasi dan Praktek Mikrokontroler Arduino, 2013.




DOI: https://doi.org/10.32736/sisfokom.v4i2.199

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed By:

 



Creative Commons License
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) has ISSN 2301-7988 and e-ISSN 2581-0588 which is published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ISB Atma Luhur under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web Analytics Made Easy - StatCounter