Konfigurasi Smart TV Menggunakan Raspberry Pi Berbasis Linux Debian

Wahyu Ladita(1), Harrizki Arie Pradana(2*)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penggunaan televisi yang banyak digunakan masyarakat hanya sekedar untuk menyaksikan siaran televisi, memutar video menggunakan DVD player dan bermain game menggunakan konsol game. Untuk memiliki fasilitas yang lebih banyak maka diperlukan biaya yang relatif mahal bagi masyarakat. Dengan memanfaatkan Raspberry Pi yang dikonfigurasikan menggunakan sistem operasi berbasis Linux debian maka dikembangkan suatu sistem yang bisa menambah fasilitas televisi layaknya smart tv pada umumnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni perencanaan menggunakan SWOT (Strength, Weaknesses, Opportunities, Threats), analisis menggunakan Use Case dan Diagram Activity, perancangan menggunakan Flowchart, algoritma dan gambar serta implementasi yang terdapat pengujian menggunakan metode Black Box . Hasil yang didapat dalam penelitian ini yakni televisi bisa mengakses saluran televisi online yang memiliki saluran lebih banyak daripada saluran televisi lokal secara gratis, melakukan pengolahan data menggunakan aplikasi Libre Office, berbagi data melalui jaringan wireless, bermain games retro seperti Playstation serta bisa dikendalikan melaui smart-phone android dalam mengakses saluran televisi online. Dalam penelitian ini tentunya internet menjadi landasan agar sistem yang dikembangkan bisa berjalan secara maksimal meskipun tidak semua fasilitas televisi dalam penelitian ini menggunakan internet. Dengan menerapkan hasil penelitian ini maka televisi sudah bisa memiliki fasilitas smart tv dengan biaya yang relatif murah.

Keywords


Televisi, Raspberry Pi, Linux, Online, Smart TV

Full Text:

PDF

References


Norris, Donald, “Raspberry Pi Project for the Evil Genius,” United States: McGraw-Hill Education, 2013.

Fajrillah, “Sistem Operasi Komputer: Dilengkapi dengan Studi Kasus Sistem Operasi DOS, Windows, Macintosh, dan Linux” Bogor: Ghalia Indonesia, 2011.

Monk, Simon, “Raspberry Pi Cook Book”. United States: O’Reilly, 2014.

Horan, Brendan, “Practical Raspberry Pi”, New York: Apress, 2013.

Hague, Andrew et al ,“ The Raspberry Pi Education Manual,” Tersedia di:

http://pi.cs.man.ac.uk/download/Raspberry_Pi_Education_Manual.pdf




DOI: https://doi.org/10.32736/sisfokom.v4i1.201

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed By:

 



Creative Commons License
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) has ISSN 2301-7988 and e-ISSN 2581-0588 which is published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ISB Atma Luhur under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web Analytics Made Easy - StatCounter