Perancangan Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Huruf Dan Angka Berbasis Augmented Reality
DOI:
https://doi.org/10.32736/sisfokom.v6i2.257Keywords:
Pengenalan huruf dan Angka, Augmented Reality, WaterfallAbstract
Dengan berkembangnya teknologi informasi, pembelajaran pengenalan huruf dan angka dapat dilakukan dengan menggunakan media komputer, laptop, maupun smartphone. Metode pembelajaran seperti ini dapat membuat anak-anak lebih semangat dalam belajar karena selama ini metode pembelajaran yang dikenalkan kepada siswa hanya bersifat konvensional. Apalagi dengan menggunakan Teknologi Augmented Reality yang merupakan sebuah istilah untuk lingkungan yang menggabungkan dunia nyata dan dunia virtual yang dibuat oleh komputer sehingga batas antara keduanya menjadi sangat tipis. Sistem ini lebih dekat kepada lingkungan nyata (real). Karena itu, reality lebih diutamakan pada sistem ini. Adapun metode yang digunakan dalam perancangan pembelajaran ini yaitu metode waterfall yang nantinya akan menghasilkan suatu perancangan aplikasi pembelajaran pengenalan huruf dan angka berbasis Augmented Reality.References
Azuma, ronaldo T. (August 1997). A Survey of Augmented Reality. Presence: Teleoperators and Virtual Environments.
Haller, Michael & Billinghurst, Mark. 2010. Emerging technologies of Augmented Reality: Interfaces and Design Idea Group Publishing.
Nazaruddin, Safaat H. 2012 (Edisi Revisi). Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC berbasis Android. Informatika. Bandung.
Rifai, Muhammad. Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Aplikasi Katalog Rumah Berbasis Android
Rosa A.S. dan Shalahuddin, M. 2011. “Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak”. Penerbit Modula, Bandung
Santoso, Apri. “Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Organ Tubuh Berbasis Augmented Reality”.
S. P. Julia, Ernawati, A. Erlansari.Rancang Bangun Aplikasi Layanan Berbasis Lokasi Dengan Penerapan Augmented Reality Menggunakan Metode Markerless Berbasis Android. E-Jurnal Teknik Informatika, Universitas Bengkulu. 2011.
Elvrilla, Septri, “Augmented Reality Panduan Belajar Sholat Berdasarkan Buku
Teks Belajar Sholat Menggunakan Android,” Skripsi Teknik Informatika Universitas Gunadarma, Jakarta, 2011
A. P. Basworo. Desain dan Implementasi Augmented Reality Berbasis Web pada Aplikasi Furniture Shopping Manager Sebagai Alat Bantu Belanja Online . Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Semarang. 2012
A. T. Ricky, G. Mardi. Visualisasi Stand Pameran Berbasis Augmented Reality Dengan Menggunakan Openspace3d. Universitas Gunadarma Jakarta. 2013
Y. P. Mukhlis, F. Yuli, E. P. Yusapril. Aplikasi Augmented Reality Pembelajaran Organ Pernapasan Manusia Pada Smartphone Android. Teknik Informatika Politeknik Caltex Riau. 2012
H. P. Taufik, S. W. Barandi, S. H. Karen. Augmented Reality sebagai Model Data Sistem Informasi Geografis. [E-Jurnal] Diakses pada 10 Juni 2015, dari http://www.academia.edu
M. Rifa’i, T. Listyorini, A. Latubessy.Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Aplikasi Katalog Rumah Berbasis Android . Teknik Informatika Universitas Muria Kudus. 2014
Suharso, A. Model Pembelajaran Interaktif Bangun Ruang 3d Berbasis Augmented Reality. Teknik Informatika Universitas Singaperbangsa Karawang. 2012.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the article that accepted for publication shall be assigned to Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) and LPPM ISB Atma Luhur as the publisher of the journal. Copyright includes the right to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), LPPM ISB Atma Luhur, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) are the sole and exclusive responsibility of their respective authors.
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) has full publishing rights to the published articles. Authors are allowed to distribute articles that have been published by sharing the link or DOI of the article. Authors are allowed to use their articles for legal purposes deemed necessary without the written permission of the journal with the initial publication notification from the Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer).
The Copyright Transfer Form can be downloaded [Copyright Transfer Form Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer).
This agreement is to be signed by at least one of the authors who have obtained the assent of the co-author(s). After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted. The copyright form should be signed originally, and send it to the Editorial in the form of scanned document to sisfokom@atmaluhur.ac.id.