Penerapan Metode Waiting Line Pada Pelayanan Antrian Pelanggan Jasa Ekspedisi
DOI:
https://doi.org/10.32736/sisfokom.v8i1.586Abstract
Permasalahan yang terjadi saat ini adalah banyak perusahaan jasa pengiriman barang yang mengalami peningkatan permintaan jasa pengiriman barang, yang mengakibatkan terjadinya antrian pelayanan pelanggan. Permasalahan antrian pelayanan pelanggan ini tentunya dapat mengakibatkan ketidaknyamanan para pelanggan dalam menggunakan jasa pengiriman mereka. Berdasarkan permasalahan yang terjadi, untuk itu penggunaan metode Waiting Line diterapkan untuk mengevaluasi pelayanan yang lebih baik pada perusahaan jasa pengiriman barang. Dalam pelayanan terhadap pelanggan yang ingin melakukan transaksi pengiriman barang ,dipisah menjadi 2 bagian.yakni pendataan barang yang dilakukan oleh pelanggan pada sistem yang sudah berbasis website maupun mobile. Dan verifikasi transaksi pengiriman barang yang dilakukan oleh petugas. Sehingga pekerjaan petugas hanya pada proses verifikasi , yang nantinya pelayanan terhadap pelanggan menjadi lebih cepat. Hasil lain yang didapatkan pada penelitian ini adalah meningkatkan efektifitas pelayanan terhadap pelanggan sehingga diharapkan meningkatnya kedatangan pelanggan yang akan melakukan proses transaksi pengiriman barang.References
Yunita, “Implementasi Metode Waterfall Pada Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru MA.Annida Al-Islamy Jakarta,” Semin. Nas. Ilmu Pengetah. dan Teknol. Komput. Nusa Mandiri, pp. 237–244, 2016.
A. Oktaviani, “Penerapan Metode Waiting Line Untuk Peningkatan Pelayanan Antrian Pelanggan Kajian Teknologi Informasi,” J. Techno Nusa Mandiri, vol. XI, no. 1, pp. 86–95, 2014.
Darsini and B. Wibowo, “Optimasi Pelayanan Perbaikan Kendaraan Bermotor Dengan Model Antrian M/M/C,” in Seminar Nasional IENACO-2014, 2014, no. November, pp. 11–12.
P. N. Hapsari, “Penerapan Waiting Line Untuk Meningkatkan Layanan Perusahaan (Studi Kasus Pada PT. Pos Indonesia Persero Cabang Sisingamangaraja Semarang),” 2013.
P. L. Ginting, “Analisis Sistem Antrian Dan Optimilaisasi Layanan Teller (Studi Kasus pada Bank X di Kota Semarang),” vol. 11, 2013.
N. P. Sari, Sugito, and B. Warsito, “Penerapan Teori Antrian pada Pelayanan Teller bank X Kantor cabang Pembantu Puri Sentra Niaga,” J. Gaussian, vol. 6, pp. 81–90, 2016.
R. Ridwansyah, “Peningkatan Kinerja Pelayanan Pasien untuk Meminimalkan Antrian dengan Waiting Line Method,” Inf. Syst. Educ. Prof., vol. 1, no. 2, pp. 167–174, 2017.
D. Ajeng Kristiyanti, “Penerapan Metode Waiting Line Untuk Evaluasi Pelayanan Penjualan Merchandise Kampus Pada Pt. Come Indonusa Jakarta,” Maret, vol. 14, no. 1, p. 61, 2018.
K. Ramanda, “Penerapan Sistem Manajemen Operasional Pelayanan Menu Makanan Dengan Waiting Line Methode,” J. Pilar Nusa Mandiri, vol. XII, no. 2, pp. 182–189, 2016.
W. D. Septiani, “Penerapan Waiting Line Method Untuk Peningkatan Kualitas Pelayanan Pelanggan Dengan Meminimalkan Antrian ( Studi Kasus : ANKidz Bogor ),” pp. 143–149, 2017.
R. Wati, “Kelurahan Setiabudi Jakarta Selatan Dengan Waiting Line,” J. Techno Nusa Mandiri, vol. 14, no. 2, pp. 15–20, 2017.
J. Heizer and R. Barry, Operations Management_Manajemen Operasi, 7th ed. Jakarta: Salemba Empat, 2008.
Siswanto, Operations Research, jilid dua. Jakarta: Erlangga, 2007.
M. Taha, Perilaku Organisasi: Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the article that accepted for publication shall be assigned to Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) and LPPM ISB Atma Luhur as the publisher of the journal. Copyright includes the right to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), LPPM ISB Atma Luhur, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) are the sole and exclusive responsibility of their respective authors.
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) has full publishing rights to the published articles. Authors are allowed to distribute articles that have been published by sharing the link or DOI of the article. Authors are allowed to use their articles for legal purposes deemed necessary without the written permission of the journal with the initial publication notification from the Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer).
The Copyright Transfer Form can be downloaded [Copyright Transfer Form Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer).
This agreement is to be signed by at least one of the authors who have obtained the assent of the co-author(s). After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted. The copyright form should be signed originally, and send it to the Editorial in the form of scanned document to sisfokom@atmaluhur.ac.id.