RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENGADUAN MASYARAKAT DAN MONITORING KINERJA AKADEMIK PERGURUAN TINGGI

Authors

  • frits gerit john rupilele Universitas Victory Sorong
  • aram palilu Universitas Victory Sorong

DOI:

https://doi.org/10.32736/sisfokom.v8i2.672

Keywords:

Sistem Informasi, Pengaduan, LLDIKTI, Waterfall

Abstract

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) merupakan satuan kerja pemerintah di wilayah yang berfungsi membantu peningkatan mutu penyelenggaraan Pendidikan Tinggi, baik perguruan tinggi negeri maupun swasta agar dapat menyelenggarakan Pendidikan Tinggi secara akuntable yang sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Salah satu kegiatan LLDIKTI untuk menjaga agar PT tidak jatuh dalam pelanggaran penyelenggaraan pendidikan tinggi adalah melalui kegiatan pengendalian, pengawasan, dan pembinaan (dalwasbin). Kegiatan dalwasbin merupakan kegiatan monitoring kinerja akademik yang dilakukan setiap tahun oleh Tim Evaluasi Kinerja Akademik yang dibentuk oleh LLDIKTI. Kegiatan monitoring dan evaluasi terhadap kinerja akademik PT dilakukan berdasarkan data dan informasi yang berasal dari laporan/pengaduan masyarakat secara lisan/tulisan, hasil pemantauan dan evaluasi, serta pemberitaan melalui media masa. LLDIKTI Wilayah XIV Papua dan Papua Barat saat ini mengalami kesulitan dalam mendapatkan informasi atau keluhan dari masyarakat tentang pelanggaran PT dan juga kesulitan melakukan pemantauan terhadap penyelenggaraan PT karena faktor geografis wilayah PT yang sangat luas dan jaringan transportasi yang sulit maupun terbatas serta tidak adanya sistem untuk menampung dan mengelolah keluhan atau pengaduan masyarakat terkait pelanggaraan-pelanggaran yang dilakukan oleh PT. Perancangan sistem informasi dalam penelitian ini berbasis web yang menggunakan metode waterfall, sedangkan untuk perancangan model sistem manggunakan diagram-diagram unified modeling language. Hasil pengembangan sistem informasi manajemen pengaduan masyarakat dan monitoring kinerja akademik PT adalah LLDIKTI Wilayah XIV memiliki suatu sistem yang menyediakan media pengaduan masyarakat sehingga membantu dalam manajemen pendataan pelanggaran PT dan manajemen kegiatan monitoring kinerja akademik PT yang terintegrasi dan terpusat, serta menghasilkan laporan data pemeriksaan PT yang menjadi masukan dan informasi bagi LLDIKTI dan kementerian dalam pemetaan kualitas kelembagaan Pendidikan tinggi.

References

A. S. Syamsul Bachri Thalib, Abdullah Sinring, “Evaluasi Kinerja Akademik Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar,” vol. 1, no. 1, 2018.

F. G. J. Rupilele, I. Soulisa, A. Palilu, A. Hasibuan, O. F. Winesty, F. A. Goraph, H. Sidete, E. Mouw, S. Laritmas, and S. Tondo, “Management Information System for Monitoring and Inspection of the Implementation of Universities,” vol. 7, pp. 451–456, 2018.

W. J. Shudiq, “Desain Program Sistem Informasi Pengaduan Masyarakat Pada Kecamatan Kademangan Terintegrasi SMS Gateway,” pp. 1–6, 2017.

R. S. Pressman and B. R. Maxim, Software Engineering A Practitioner’s Approach, Eighth Edi. New York: McGraw-Hill Education, 2015.

T. A. Kurniawan, “Pemodelan Use Case ( UML ): Evaluasi Terhadap Beberapa Kesalahan Dalam Praktik Use Case ( UML ) Modeling : Evaluation On Some Pitfalls In Practices,” vol. 5, no. 1, pp. 77–86, 2018.

James Cadle (editor), "Developing Information Systems Practical guidance for IT professionals”, BCS Learning & Development Ltd, a wholly owned subsidiary of BCS The Chartered Institute for IT, Swindon, UK, 2014.

R. A, Silva, and Rodrigues. "Data Modeling and Data Analytics : A Survey from a Big Data Perspective", Journal of Software Engineering and Applications., vol. 8, no. 12, pp. 617–634, 2015.

G. Nalendro, "Sistem Informasi Pengaduan Layanan Universitas", Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia, 2019.

Y. I. Melani, "Sistem Pengaduan Layanan Akademik Menggunakan Responsive Web Design" Jurnal SISFOKOM, vol. 08, no. 01, pp. 39–45, 2019

Downloads

Published

2019-08-20

Issue

Section

Articles