Implementasi Akuntansi Sistem Pembelian dan Penjualan Obat Dengan Menggunakan Aplikasi MYOB Accounting Pada Praktek Kedokteran

Anik Wahyuningsih(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Praktek Dokter Roy Jhanna Ginting merupakan badan usaha yang bergerak dalam bidang kesehatan termasuk juga dalam bidang penjualan dan pembelian obat. Praktek Dokter Roy Jhanna Ginting  ini didirikan oleh dr. Roy Jhanna Ginting bersama dengan istrinya dr. Grace Ulina Hutabarat dan berdiri sejak tahun 2010. Penjualan dan pembelian tunai merupakan salah satu kegiatan penting dalam setiap  perusahan,  terutama  yang  bergerak  dibidang  perdagangan.  Transaksi penjualan dan pembelian yang ada pada Praktek Dokter Roy Jhanna Ginting   dimulai dari proses pesanan barang oleh pelanggan, proses pembuatan nota  sebagai  barang   bukti  pembayaran,  sampai  pembuatan  laporan   yang ditunjukkan kepada pimpinan. Sistem pengolahan data penjualan dan pembelian tunai pada Praktek Dokter Roy Jhanna Ginting   sampai saat ini masih dilakukan secara manual, mulai  dari  proses  pemesanan  barang,  pembuatan  nota,  pembayaran,  hingga pembuatan   laporan.   Sehingga   sering   terjadi   keterlambatan   dan   kesalahan informasi yang dihasilkan seperti pembuatan laporan data barang yang dipesan dan yang terjual, seringnya terjadi kesalahan dalam perhitungan dalam sistem penjualan dan pembelian tunai tersebut. Untuk   mengatasi   masalah   tersebut,   maka   diperlukan   suatu   sistem komputerisasi penjualan dan pembelian tunai yang sangat sesuai untuk medukung kemajuan  dan  perkembangan  perusahaan  dagang  tersebut.  Sehingga  dapat mengatasi permasalahan atau kendala pada sistem yang sedang berjalan saat ini. Dengan memanfaatkan sistem komputerisasi yang diusulkan ini, kemungkinan proses penjualan dan pembelian tunai yang dilakukan menjadi lebih mudah dan cepat.

Keywords


MyOB, Accounting, Sistem Informasi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32736/sisfokom.v2i2.89

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed By:

 



Creative Commons License
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) has ISSN 2301-7988 and e-ISSN 2581-0588 which is published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ISB Atma Luhur under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web Analytics Made Easy - StatCounter