Pengembangan Game Edukasi Untuk Anak Usia Dini Berbasis Mobile Menggunakan Construct 2

Authors

  • Sri Ngudi Wahyuni Universitas Amikom Yogyakarta
  • Sri Mulyatun Universitas Amikom Yogyakarta
  • Hendrik Hendrik Univeristas Amikom Yogyakarta
  • Mei Maimunah Universitas Amikom Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32736/sisfokom.v10i2.1140

Keywords:

Game edukasi, anak usia dini, mobile base

Abstract

Pandemi Covid-19 saat ini telah merubah budaya di seluruh dunia, termasuk budaya dalam belajar. Dikarenakan Covid-19 telah menjadi pandemi, maka belajar harus dilaksanakan dari rumah (BDR). Hal ini menyebabkan keterbutuhan teknologi menjadi utama, terutama kepemilikan gadget. Gadget merupakan media komunikasi dan pembelajaran yang paling mudah digunakan dan hampir seluruh orang memilikinya. Frekuensi penggunaan smartphone menyebabkan penggunaan game telah mendominasi anak-anak, termasuk anak usia dini. Berdasarkan hal tersebut maka tujuan penelitian ini adalah membangun game edukasi untuk anak-anak usia pendidikan dini berbasis mobile, dengan menggunakan construc 2. Adapun hasil pengujian game ini menyatakan bahwa 70% calon pengguna menyatakan bahwa game ini baik dan aman digunakan. Dari sisi tampilan, warna dan user interfacenya.

Author Biography

Sri Ngudi Wahyuni, Universitas Amikom Yogyakarta

Manajemen Informatika

References

“34e9520bf8bef69295af70868d73448db39d98f9 @ dailysocial.id.” [Online]. Available: https://dailysocial.id/post/melirik-potensi-besar-industri-gaming-di-indonesia/.

E. Haryanto and H. Askad, “Rancang Bangun Game Adventure Burung Enggang Berbasis Android Menggunakan Scirra Construct 2,” pp. 1771–1782, 2013.

M. R. Rahadi, K. I. Satoto, and I. P. Windasari, “Perancangan Game Math Adventure Sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android,” J. Teknol. dan Sist. Komput., vol. 4, no. 1, p. 44, 2016, doi: 10.14710/jtsiskom.4.1.2016.44-49.

R. Bahana et al., "Performance test for prototype game for children with adhd," J. Phys. Conf. Ser., vol. 978, no. 1, 2018, doi: 10.1088/1742-6596/978/1/012004.

“game-engine-construct-2 @ www.kompasiana.com.” [Online]. Available: https://www.kompasiana.com/mandowen10/5cff5ef53d68d51e7355bce2/game-engine-construct-2.

F. N. Khasanah, S. Murdowo, T. Informatika, U. Bina, P. Beta, and P. N. Fungsional, “Pengujian Beta Pada Aplikasi Game Edukasi,” Infokam, vol. 15, no. 2, pp. 83–89, 2019.

Downloads

Published

2021-09-02

Issue

Section

Articles