Pengembangan Game Edukasi Untuk Anak Usia Dini Berbasis Mobile Menggunakan Construct 2

Sri Ngudi Wahyuni(1*), Sri Mulyatun(2), Hendrik Hendrik(3), Mei Maimunah(4)

(1) Universitas Amikom Yogyakarta
(2) Universitas Amikom Yogyakarta
(3) Univeristas Amikom Yogyakarta
(4) Universitas Amikom Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Pandemi Covid-19 saat ini telah merubah budaya di seluruh dunia, termasuk budaya dalam belajar. Dikarenakan Covid-19 telah menjadi pandemi, maka belajar harus dilaksanakan dari rumah (BDR). Hal ini menyebabkan keterbutuhan teknologi menjadi utama, terutama kepemilikan gadget. Gadget merupakan media komunikasi dan pembelajaran yang paling mudah digunakan dan hampir seluruh orang memilikinya. Frekuensi penggunaan smartphone menyebabkan penggunaan game telah mendominasi anak-anak, termasuk anak usia dini. Berdasarkan hal tersebut maka tujuan penelitian ini adalah membangun game edukasi untuk anak-anak usia pendidikan dini berbasis mobile, dengan menggunakan construc 2. Adapun hasil pengujian game ini menyatakan bahwa 70% calon pengguna menyatakan bahwa game ini baik dan aman digunakan. Dari sisi tampilan, warna dan user interfacenya.

Keywords


Game edukasi, anak usia dini, mobile base

Full Text:

PDF

References


“34e9520bf8bef69295af70868d73448db39d98f9 @ dailysocial.id.” [Online]. Available: https://dailysocial.id/post/melirik-potensi-besar-industri-gaming-di-indonesia/.

E. Haryanto and H. Askad, “Rancang Bangun Game Adventure Burung Enggang Berbasis Android Menggunakan Scirra Construct 2,” pp. 1771–1782, 2013.

M. R. Rahadi, K. I. Satoto, and I. P. Windasari, “Perancangan Game Math Adventure Sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android,” J. Teknol. dan Sist. Komput., vol. 4, no. 1, p. 44, 2016, doi: 10.14710/jtsiskom.4.1.2016.44-49.

R. Bahana et al., "Performance test for prototype game for children with adhd," J. Phys. Conf. Ser., vol. 978, no. 1, 2018, doi: 10.1088/1742-6596/978/1/012004.

“game-engine-construct-2 @ www.kompasiana.com.” [Online]. Available: https://www.kompasiana.com/mandowen10/5cff5ef53d68d51e7355bce2/game-engine-construct-2.

F. N. Khasanah, S. Murdowo, T. Informatika, U. Bina, P. Beta, and P. N. Fungsional, “Pengujian Beta Pada Aplikasi Game Edukasi,” Infokam, vol. 15, no. 2, pp. 83–89, 2019.




DOI: https://doi.org/10.32736/sisfokom.v10i2.1140

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed By:

 



Creative Commons License
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) has ISSN 2301-7988 and e-ISSN 2581-0588 which is published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ISB Atma Luhur under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web Analytics Made Easy - StatCounter