Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Bibit Padi Berkualitas Dengan Metode AHP Dan Topsis

Istna Mar`atul Khusna(1*), Novita Mariana(2)

(1) Universitas Stikubank Semarang
(2) Universitas Stikubank Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak— Bibit merupakan salah satu penentu dalam keberhasilan budidaya tanaman padi. Budidaya tanaman padi dimulai dari memilih bibit tanaman yang berkualitas karena bibit termasuk objek utama yang dikembangkan pada budidaya selanjutnya. Bibit sebagai pembawa gen dari induknya yang akan menentukan sifat dari tanaman setelah berproduksi dan untuk mendapatkan bibit padi yang berkualitas dapat diperoleh dari memilih dan menentukan bibit yang berasal dari induk berkualitas. Kualitas bibit merupakan kunci keberhasilan dalam budidaya padi. Bibit yang berkualitas mampu beradaptasi, memiliki pertumbuhan yang cepat serta seragam, tumbuh lebih cepat, tahan hama dan tinggi nilai produktivitasnya. Untuk mendapatkan bibit padi berkualitas, petani sering mengalami kesulitan. Berdasarkan kesulitan yang dialami petani, maka akan dibangun sebuah sistem pendukung keputusan untuk membantu petani memutuskan bibit yang akan ditanam sesuai dengan kondisi lingkungan tanam dengan mempertimbangkan beberapa aspek kriteria. Dalam mengatasi masalah pemilihan bibit padi tersebut dibuat sebuah program sistem pendukung keputusan agar memudahkan informasi dan rekomendasi kepada petani padi tentang bibit yang berkualitas. Dengan menggunakan dua metode yaitu Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Penentuan bobot kriteria dilakukan dengan menggunakan metode Analytic Hierarchy Process (AHP), sedangkan untuk tahap perankingan dikerjakan dengan menggunakan metode TOPSIS. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah padi berkualitas dari lima alternatif yang sudah ditetapkan, yaitu: Sunggal, Inpari32, Ciherang, IR64, Situbagendit. Sistem menghasilkan nilai preferensi tertinggi yaitu 0,858 pada padi Sunggal di urutan pertama dan  0,767 pada padi Inpari32 diurutan kedua. Jadi dari hasil penelitian ini, peneliti merekomendasikan bibit padi berkualitas yang cocok ditanam di di desa sambongbangi yaitu Sunggal dan Inpari32.


Keywords


Bibit Padi, DSS, TOPSIS, AHP, Kualitas Bibit Padi

Full Text:

PDF

References


D. Adittia, N. Hidayat, and F. A. Bachtiar, “Penerapan Metode Analitycal Hierarchy Process-Simple Additive Weighting ( AHP-SAW ) dalam Penentuan Varietas Padi yang Unggul,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. Univ. Brawijaya, vol. 2, no. 11, pp. 5333–5339, 2018, [Online]. Available: http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=803056&val=10384&title=Penerapan Metode Analitycal Hierarchy Process-Simple Additive Weighting AHP-SAW dalam Penentuan Varietas Padi yang Unggul.

J. T. Sains, R. P. Hutama, H. L. Purwanto, W. Kuswinardi, S. Informasi, and U. K. Malang, “Unggul Kayu Jati Berbasis Web Pada Perum,” vol. 1, no. 3, pp. 32–42, 2019.

W. Yahyan and M. I. A. Siregar, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN BIBIT BENIH PADI UNGGUL BERBASIS WEBMENGGUNAKAN METODE AHP (Analytical Hierarchy Process),” Menara Ilmu, vol. XIII, no. 11, pp. 110–123, 2019, [Online]. Available: http://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menarailmu/article/view/1653.

I. Herman Firdaus, G. Abdillah, F. Renaldi, and U. Jenderal Achmad Yani Jl, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Karyawan Terbaik Menggunakan Metode Ahp Dan Topsis,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 2016, no. Sentika, pp. 2089–9815, 2016.

I. Rofiqoh and D. N. Sari, “MENGGUNAKAN METODE TOPSIS ( Studi Kasus Kelompok Pertanian Desa Sukawati ),” J. Siste Pendukung Keputusan, pp. 221–229, 2018.

N. Hadinata, “Novri Hadinata,” Implementasi Metod. Multi Attrib. Theory(MAUT) Pada Sist. Pendukung Keputusan dalam Menentukan Penerima Kredit, vol. 07, no. September, pp. 87–92, 2018.

Y. Ahmad, R. Rifai, and P. Nip, “PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA S-1 FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI Disusun Oleh : Dosen Pembimbing II,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 3, no. 2, pp. 1–9, 2019.




DOI: https://doi.org/10.32736/sisfokom.v10i2.1145

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed By:

 



Creative Commons License
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) has ISSN 2301-7988 and e-ISSN 2581-0588 which is published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ISB Atma Luhur under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web Analytics Made Easy - StatCounter