PELATIHAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI PRODUK UMKM BAGI PELAKU USAHA DI DESA KACE TIMUR

Penulis

  • Rajab Vebrian Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Melati Suci Mayasari ISB Atma Luhur
  • Yuyi Andrika ISB Atma Luhur
  • Maya Saftari ISB Atma Luhur
  • Syafrul Irawadi Institut Sains dan Bisnis Atma Luhur
  • Safira Ainulfitri ISB Atma Luhur
  • Ari Amir Alkodri ISB Atma Luhur

DOI:

https://doi.org/10.32736/abdimastek.v5i2.2319

Kata Kunci:

promosi, produk, pemasaran, media sosial, pelaku usaha

Abstrak

Pelatihan pemanfaatan media sosial sebagai media promosi produk Usaha Menengah Mikro dan Kecil (UMKM) bagi pelaku usaha khususnya ibu-ibu PKK di Desa Kace Timur Kecamatan MendoBarat Kabupaten Bangka ini terselenggara atas kerjasama Ibu-Ibu Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Kace Timur dengan Kampus Universitas Muhammadiyah Pangkalpinang dan Kampus Institut Sains dan Bisnis (ISB) Atma Luhur Pangkalpinang, yang diikuti oleh Ibu-ibu PKK, pelaku usaha UMKM, dan masyarakat Desa Kace Timur sebagai peserta pelatihan tersebut yang merupakan salah satu bentuk kegiatan Tri Dharma dosen yaitu pengabdian kepada masyarakat dosen ISB Atma Luhur. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama 2 (Dua) hari dari pukul 09.00 sampai pukul 15.00 di Kantor Desa Kace Timur Kecamatan MendoBarat Kabupaten Bangka. Yang menjadi narasumber pelatihan ini adalah dosen tetap beserta mahasiswa ISB Atma Luhur Pangkalpinang dengan presentasi mengenai media-media sosial, pemanfaatan media sosial,  tehnik promosi menggunakan media sosial, serta praktek promosi produk melalui media sosial yang merupakan media online yang bisa dimanfaatkan pelaku usaha dalam memasarkan produk-produk mereka. Besar harapan kami melalui pelatihan yang diberikan dapat membantu para peserta khususnya pelaku usaha UMKM  agar tidak bingung lagi dalam memasarkan produk-produk mereka tanpa harus mempunyai toko atau ruko sendiri, namun bisa dengan hanya menggunakan smart phone yang rata-rata sudah dipunyai oleh setiap orang khususnya para pelaku usaha di Desa Kace Timur.

Referensi

Peraturan Presiden Nomoe 24 Tahun PP. No 60 Tahun 1999 tentang Tiga Tugas Pokok Perguruan Tinggi yang disebut Tridharma Perguruan Tinggi.

Nazelliana, D., & Dinihari, Y. 2021. Pelatihan Pembuatan Website Untuk Program Pkk. 04.02

Tuwohingide, Desmin, et al. 2018. PkM Pemanfaatan Media Sosial untuk Promosi dan Pemasaran Produk Usaha Kecil Menengah di Kampung Bowongkulu. Jurnal Ilmiah Tatengkorang, vol. 2.

Hanafie, Nurharsya Khaer, dan Said, Ridwan. 2021. PKM Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Peluang Kewirausahaan pada Remaja di Kelurahan Paccinongang Kabupaten Gowa. Seminar nasional hasil pengabdian. Universitas Negeri Makasar

Wahyuni, Sri, dkk, 2023. Pemanfaatan Media Sosial Dalam Kegiatan Pemasaran Di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani. STIE Persadd Bunda.

Unduhan

Diterbitkan

2024-11-22