Sistem Informasi Geografis Pariwisata Kabupaten Bangka Barat Berbasis WEB

Dedi Febrian(1), Muhammad Nasir(2*)

(1) Universitas Bina Darma
(2) Universitas Bina Darma
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak-- Perkembangan teknologi di era globalisasi ini berlangsung sangat cepat. Sehingga menuntut manusia memasuki kehidupan yang berdampingan dengan informasi dan teknologi. Dengan adanya informasi dan teknologi masalah-masalah yang timbul di sekitar dapat dipermudah dan diatasi. Apalagi untuk mendapatkan sebuah informasi umum yang berkualitas, tepat, cepat, dan akurat haruslah mudah diakses oleh berbagai pihak yang berkepentingan, seperti Pariwisata. Saat ini hampir sebagian pemerintah daerah belum memiliki sistem informasi untuk mempermudah wisatawan dalam berlibur. Sistem informasi yang ada hanyalah melalui internet berupa tampilan gambar, ada juga dengan peta tetapi ketepatan tempatnya tidak sesuai sehingga menyebabkan para wisatawan bingung dan hanya menghabiskan waktu dijalan untuk mencari tempat saja. Oleh karena itu perlunya sistem informasi yang lengkap untuk mengidentifikasi lokasi-lokasi wisata. Tidak hanya itu saja melainkan tambahan seperti restoran, dan penginapan. Dengan ini ada nilai tambahan bagi pemerintah untuk mengembangkan daerahnya. Maka dibuatlah Sistem Informasi Geografis untuk mempermudah wisatawan dalam berlibur berbasis website menggunakan Google Maps API untuk pembuatan Sistem Informasi Geografis. Sistem informasi geografis Wisata Kabupaten Bangka Barat yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi dan memperoleh informasi mengenai lokasi dengan menampilkan titik koordinat lokasi wisata, penginapan, restoran pada peta, dan informasi rute lokasi wisata yang dituju.  


Keywords


Google Maps API, Sistem informasi Geografis, JQuery, Pariwisata Bangka Barat, Waterfall

Full Text:

PDF

References


Santoso, A., & Nasir, M. (2021). Pemetaan Lahan dan Komoditas Pertanian Berbasis Webgis di Kabupaten OKU Timur. Jurnal Ilmiah Betrik: Besemah Teknologi Informasi dan Komputer, 12(2), 129-138.

Rondonuwu, T. J., Lagarense, B. E. S., & Adrah, M. (2015). Sistem online ticketing dalam meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan tours & travel hospitality and tourism, 2(2).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods).

Suryanto, A. (2016). Rancang bangun sistem informasi pendaftaran artis berbasis web menggunakan model waterfall (studi kasus: team management agensi). Jurnal Khatulistiwa Informatika, 4(2).

Eddy, Prahasta, Ir, MT. (2001) Konsep-konsep Dasar Sistem Informasi Geografis , Bandung , Informatika Bandung.

Gunawan, G., & Cahyani, M. I. (2018). Penerapan Algoritma Kruskal Dalam Mencari Lokasi Anjungan Tunai Mandiri Bank Rakyat Indonesia Cabang Bengkulu Berbasis Android. Journal of Technopreneurship and Information System, 1(2), 44-49.

Prayudi, A., Umar, R., & Yudhana, A. (2018, November). Perancangan Sistem Informasi Pariwisata Di Kabupaten Dompu Berbasis Website. In Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) (Vol. 1, No. 1).

Tumimomor, M., Jando, E., & Meolbatak, E. (2013). Sistem Informasi Geografis Pariwisata Kota Kupang. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika: JANAPATI, 2(2), 142-152.

Pressman SR. (2012). Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Andi

Mustaqbal, M. S., Firdaus, R. F., & Rahmadi, H. (2015). Pengujian aplikasi menggunakan black box testing boundary value analysis (studi kasus: Aplikasi prediksi kelulusan smnptn). Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan, 1(3)




DOI: https://doi.org/10.32736/sisfokom.v10i3.1262

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed By:

 



Creative Commons License
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) has ISSN 2301-7988 and e-ISSN 2581-0588 which is published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ISB Atma Luhur under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web Analytics Made Easy - StatCounter