Determinan Penggunaan E-Class sebagai Learning Management System oleh Tenaga Pendidik di Masa Pandemi Covid-19: Pendekatan Model UTAUT
(1) Universitas Merdeka Malang
(2) Universitas Merdeka Malang
(3) Universitas Merdeka Malang
(4) Universitas Merdeka Malang
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang determinan perilaku pengguna E-Class di Universitas Merdeka Malang khususnya para pendidik. E-Class merupakan Learning Management System yang dibuat oleh Universitas Merdeka Malang sebagai sarana proses belajar mengajar berbasis online. Universitas Merdeka Malang telah merespon kebijakan pemerintah terkait regulasi pelaksanaan pembelajaran formal online akibat pandemi Covid-19. Namun untuk mengukur keberhasilan penerapan sistem informasi baru berupa E-Class. Peneliti mengusulkan penelitian ini dimana penerapan model UTAUT adalah untuk mengetahui determinan perilaku pengguna E-Class. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Data penelitian ini adalah data primer. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan alat statistik SmartPLS 3.0. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh tenaga pendidik di Universitas Merdeka Malang. Metode sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa variabel ekspektasi usaha dan pengaruh sosial berpengaruh positif terhadap niat berperilaku. Niat perilaku memiliki efek positif pada perilaku penggunaan. Sedangkan variabel harapan kinerja dan kondisi fasilitasi tidak berpengaruh terhadap niat perilaku dan perilaku penggunaan. Variabel modifikasi berupa corona fear juga tidak berpengaruh terhadap hubungan semua variabel independen terhadap behavioral intention.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
V. Venkatesh, M. G. Morris, G. B. Davis, and F. D. Davis, “User Acceptance of Information Technology: Toward A Unified View,” MIS Q., vol. 27, no. 3, pp. 425–478, 2003.
S. R. Natasia, Y. T. Wiranti, and A. Parastika, “Acceptance analysis of NUADU as e-learning platform using the Technology Acceptance Model (TAM) approach,” Procedia Comput. Sci., vol. 197, no. 2021, pp. 512–520, 2021, doi: 10.1016/j.procs.2021.12.168.
Y. H. S. Al-Mamary, “Understanding the use of learning management systems by undergraduate university students using the UTAUT model: Credible evidence from Saudi Arabia,” Int. J. Inf. Manag. Data Insights, vol. 2, no. 2, 2022, doi: 10.1016/j.jjimei.2022.100092.
B. A. Akinnuwesi et al., “A modified UTAUT model for the acceptance and use of digital technology for tackling COVID-19,” Sustain. Oper. Comput., vol. 3, no. December 2021, pp. 118–135, 2022, doi: 10.1016/j.susoc.2021.12.001.
M. M. M. Abbad, “Using the UTAUT model to understand students’ usage of e-learning systems in developing countries,” Educ. Inf. Technol., vol. 26, no. 6, pp. 7205–7224, 2021, doi: 10.1007/s10639-021-10573-5.
A. Aldiab, H. Chowdhury, A. Kootsookos, F. Alam, and H. Allhibi, “Utilization of Learning Management Systems (LMSs) in higher education system: A case review for Saudi Arabia,” Energy Procedia, vol. 160, no. 2018, pp. 731–737, 2019, doi: 10.1016/j.egypro.2019.02.186.
S. A. Raza, W. Qazi, K. A. Khan, and J. Salam, “Social Isolation and Acceptance of the Learning Management System (LMS) in the time of COVID-19 Pandemic: An Expansion of the UTAUT Model,” J. Educ. Comput. Res., vol. 59, no. 2, pp. 183–208, 2021, doi: 10.1177/0735633120960421.
N. U. Ain, K. Kaur, and M. Waheed, “The influence of learning value on learning management system use: An extension of UTAUT2,” Inf. Dev., vol. 32, no. 5, pp. 1306–1321, 2016, doi: 10.1177/0266666915597546.
S. Lonn, S. D. Teasley, and A. E. Krumm, “Who needs to do what where?: Using learning management systems on residential vs. commuter campuses,” Comput. Educ., vol. 56, no. 3, pp. 642–649, 2011, doi: 10.1016/j.compedu.2010.10.006.
V. Venkatesh, J. Y. L. Thong, and X. Xu, “Consumer Acceptance and Use of Information Technology: Extending the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology,” MIS Q., vol. 36, no. 1, pp. 157–178, 2012, doi: 10.1109/MWSYM.2015.7167037.
E. S. Nuari, A. Nurkhin, and K. Kardoyo, “Analisis Determinan Pemanfaatan Edmodo Dengan Menggunakan Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (Utaut),” J. Pendidik. Akunt. Indones., vol. 17, no. 1, pp. 57–73, 2019, doi: 10.21831/jpai.v17i1.26337.
A. Primadita and N. A. Haryono, “Dinamika Bisnis Selama Pandemi Covid-19 pada Tingkat Likuiditas Perusahaan Pertanian dan Consumer Goods di Indonesia,” Bus. Manag. Anal. J., vol. 4, no. 1, pp. 97–120, 2021, doi: 10.24176/bmaj.v4i1.6039.
W. W. Chin, B. L. Marcolin, and P. R. Newsted, “a Partial Least Squares Latent Variable Modeling Approach for Measuring Interaction Effects: Results From a Monte Carlo Simulation Study and Voice Mail Emotion/Adoption Study,” Proc. 17th Int. Conf. Inf. Syst. ICIS 1996, no. May 2014, pp. 21–41, 1996.
U. Sekaran and R. J. Bougie, Metode Penelitian Untuk Bisnis. Dalam Metode penelitian Untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat, 2017.
Jogiyanto, Metodologi Penelitian Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi, 2008.
M. Dečman, “Modeling the acceptance of e-learning in mandatory environments of higher education: The influence of previous education and gender,” Comput. Human Behav., vol. 49, pp. 272–281, 2015, doi: 10.1016/j.chb.2015.03.022.
A. A. A. Zwain, “Technological innovativeness and information quality as neoteric predictors of users’ acceptance of learning management system: An expansion of UTAUT2,” Interact. Technol. Smart Educ., vol. 16, no. 3, pp. 239–254, 2019, doi: 10.1108/ITSE-09-2018-0065.
DOI: https://doi.org/10.32736/sisfokom.v11i3.1361
Refbacks
- There are currently no refbacks.