Pemanfaatan E-Learning Pada SDN 9 Pemali dalam Pembelajaran Online di Masa Pandemi

Authors

  • Ellya Helmud ISB Atma Luhur
  • Fifin Fifin ISB Atma Luhur
  • Delpiah Wahyuningsih ISB Atma Luhur
  • Parlia Romadiana ISB Atma Luhur

DOI:

https://doi.org/10.32736/sisfokom.v11i3.1522

Keywords:

E-Learning, SDN9 Pemali, Pembelajaran

Abstract

Selama masa pandemi sistem pembelajaran dilakukan secara online hingga tahun 2021. dimana pembelajaran kurang memadai dimana memanfaatkan zoom, whatsapp, google classroom dll. Pembelajaran memiliki kekurangan yaitu mengenai pembiayaan kuota, sinyal dll sehingga pembelajaran siswa pada SD Negeri 9 Pemali kurang efektif tetapi masa pandemi ini membuka mata pihak sekolah hingga masyarakat untuk memanfaatkan teknologi. Pemanfaatan teknologi pada pembelajaran disekolah yaitu SDN 9 Pemali menerapkan pembelajran melalui e-learning. Bertujuan untuk memberikan kemudahan terhadap siswa dan guru dalam memberikan materi serta pengumpulan tugas serta untuk mengetahui pemanfaatan ­e-learning. SDN 9 Pemali menerapkan pembelajaran melalui ­e-learning dan tatap muka. Sistem e-learning dengan berbasis Android dan pemanfaatan e-learning diukur dengan kuesioner sebanyak 30 responden dengan hasil 90% pemanfaatan e-learning.

Author Biographies

Ellya Helmud, ISB Atma Luhur

Teknik Informatika

Fifin Fifin, ISB Atma Luhur

Teknik Informatika

Delpiah Wahyuningsih, ISB Atma Luhur

Teknik Informatika

References

P. P. Hariani, S. N. Y. Wastuti, L. Mahdalena, and W. I. Barus, “Pemanfaatan E-Learning Pada Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19,” Biblio Couns J. Kaji. Konseling dan Pendidik., vol. 3, no. 2, pp. 41–49, 2020.

P. S. Dewi, “E-Learning: PjBL Pada Mata Kuliah Pengembangan Kurikulum dan Silabus,” J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 05, no. 02, pp. 1332–1340, 2021, [Online]. Available: https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/572.

T. A. Santosa, E. M. Sepriyani, L. Lufri, A. Razak, M. Chatri, and V. Violita, “Analisis E-Learning Dalam Pembelajaran Evolusi Mahasiswa Pendidikan Biologi Selama Pandemi Covid-19,” Edumaspul J. Pendidik., vol. 5, no. 1, pp. 66–70, 2021, doi: 10.33487/edumaspul.v5i1.1027.

E. Supratman and F. Purwaningtias, “Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Schoology,” J. Inform. J. Pengemb. IT, vol. 3, no. 3, pp. 310–315, 2018, doi: 10.30591/jpit.v3i3.958.

D. Daniati, B. Ismanto, and D. I. Luhsasi, “Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa dengan Penerapan Model Pembelajaran E–Learning Berbasis Google Classroom pada Masa Pandemi Covid-19,” J. Kependidikan J. Has. Penelit. dan Kaji. Kepustakaan di Bid. Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, vol. 6, no. 3, p. 601, 2020, doi: 10.33394/jk.v6i3.2642.

I. J. Shodiq and H. S. Zainiyati, “Pemanfaatan Media Pembelajaran E-Learning Menggunakan Whastsapp Sebagai Solusi Ditengah Penyebaran Covid-19 Di Mi Nurulhuda Jelu,” Al-Insyiroh J. Stud. Keislam., vol. 6, no. 2, pp. 144–159, 2020, doi: 10.35309/alinsyiroh.v6i2.3946.

T. H. Nurgiansah, “Pemanfaatan E-Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan,” JINTECH J. Inf. Technol., vol. 2, no. 2, pp. 138–146, 2021, doi: 10.22373/jintech.v2i2.672.

A. T. Pudyastuti and C. A. Budiningsih, “Efektivitas Pembelajaran E-Learning pada Guru PAUD Selama Pandemic Covid-19,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 2, pp. 1667–1675, 2021, doi: 10.31004/obsesi.v5i2.873.

M. A. Rahman, R. Amarullah, and K. Hidayah, “Evaluasi Penerapan Model Pembelajaran E-Learning pada Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil,” J. Borneo Adm., vol. 16, no. 1, pp. 101–116, 2020, doi: 10.24258/jba.v16i1.656.

S. Rizal and B. Walidain, “Pembuatan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle Pada Matakuliah Pengantar Aplikasi Komputer Universitas Serambi Mekkah,” J. Ilm. Didakt. Media Ilm. Pendidik. dan Pengajaran, vol. 19, no. 2, p. 178, 2019, doi: 10.22373/jid.v19i2.5032.

S. D. Putra, T. F. Eldiana, and D. Aryani, “Model Pengembangan Aplikasi Mobile E-Dakwah Di Masa Pandemi Covid-19 Dengan Metode Prototyping,” J. Inf. Syst. Informatics Comput., vol. 4, no. 1, pp. 116–121, 2020.

Downloads

Published

2022-12-19

Issue

Section

Articles