Rancangan Sistem Informasi Penjualan Tunai Pada Fajar Indah Motor Dengan Metodologi Berorientasi Obyek

Dwi Yuny Sylfania(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Proses pencatatan dan penghitungan yang dilakukan di Fajar Indah Motor masih manual. Hal ini mengakibatkan keterlambatan dalam proses pembuatan laporan yang cepat dan akurat untuk diberikan kepada manajemen perusahaan. Berdasarkan hal tersebut, diperlukan suatu sistem yang terkomputerisasi dan akurat yang mampu mengatasi masalah atau kendala yang sering dihadapi dalam sistem manual yang berjalan untuk mendukung pengembangan bisnis dan peningkatan proses penjualan tunai di Fajar Indah Motor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Waterfall, dengan menganalisis data yang diperoleh dari perusahaan, baik dalam bentuk laporan penjualan maupun wawancara dengan karyawan, kemudian merancang, menerapkan dan menguji sistem yang dibuat. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah database VB.net dan Access. Penelitian ini menghasilkan sistem informasi penjualan tunai yang terkomputerisasi yang dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada pembeli, membuat laporan cepat, tepat dan akurat, meminimalkan kesalahan (redundansi) dalam pengumpulan data, dan penyimpanan data lebih terstruktur dan mampu meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses penjualan tunai di Fajar Indah Motor.

Keywords


Sistem, Informasi, Penjualan Tunai.

Full Text:

PDF

References


Mulyadi. 2010. Sistem Akuntansi. Edisi ke-tiga. Jakarta : Salemba 4.

Kristanto, Andri. 2008. Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya. Yogyakarta : Gava Media.

Kadir, Abdul. 2009. Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta : Andi.

Sutabri, Tata. 2005. Analisa dan Sistem Informasi. Yogyakarta : Andi.

Al Fatta, Hanif. 2009. Analisis & Perancangan Sistem Informasi Untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern. Yoogyakarta : Andi.

Mcleod, Raymond. 2008. Sistem Informasi Manajemen. Edisi ke-7: Jilid 1. Jakarta : PT.Prenhall Indo.

Susanto, Azhar. 2013. Sistem Informasi Akuntansi. Bandung : Lingga Jaya.

Narko. 2007. Sistem Akuntansi. Yogyakarta : Yayasan Pustaka Nusatama.

Grady Booch, James Rumbaugh and Ivar Jacobson. 1999. The Unified Modelling Language User Guide. Addison – Wesley.

Rosa dan Shalahunddin. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung : Informatika.

Riyanto. 2005. Migrasi Microsoft SQL Server Dengan PostgreSQL. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Anisah dan Fitriyanti. 2013. Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Tunai Pada CV.Suzuki Service Centre Sungailiat. Prosiding Semnasteknomedia, hal 121 - 125.

Sarwindah. Perancangan Sistem Informasi Tata Tertib Siswa Pada SMP Negeri 4 Kelapa Berbasis Desktop. Jepin, Vol.1, Desember 2015, hal 1 - 7, http://jurnal.untan.ac.id

Helmud, Ellya. Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Pada Diary Studio. Jurnal TI Atma Luhur, Vol.2, Maret 2015, hal 50 - 56, http://jurnal.atmaluhur.ac.id

F. P. Juniawan dan D. Y. Sylfania. 2017. Aplikasi Data Pengabdian Kepada Masyarakat Pada Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Berbasis Desktop. Prosiding Seminar Nasional Informatika dan Sistem Informasi, hal 22 – 30.

F. P. Juniawan dan D. Y. Sylfania. 2017. Desain dan Implementasi Aplikasi Pendataan Pengabdian Dosen Pada Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Berbasis Web. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi, Bisnis, dan Desain.




DOI: https://doi.org/10.32736/sisfokom.v6i2.260

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed By:

 



Creative Commons License
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) has ISSN 2301-7988 and e-ISSN 2581-0588 which is published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ISB Atma Luhur under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web Analytics Made Easy - StatCounter