Kajian Pemilihan SMA Swasta Terfavorit Sebagai Acuan Bagi Calon Siswa yang akan Melanjutkan Sekolah ke SMA Swasta di Kota Pangkalpinang

Parli Romadiana(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


SMA Swasta merupakan sekolah menengah atas yang didirikan oleh yayasan dan bukan milik pemerintah namun tetap di kontrol oleh dinas pendidikan. Pada saat ini, di kota Pangkalpinang terdapat banyak SMA Swasta yang saling bersaing baik dalam bidang fasilitas, tenaga pengajar, prestasi maupun kegiatan ekstrakulikuler. Hal itu membuat para siswa menjadi bingung dalam menentukan sekolah mana yang baik untuk mereka. Kajian pemilihan SMA Swasta ini dibuat agar dapat dijadikan acuan bagi calon siswa untuk memilih SMA Swasta Terfavorit di Pangkalpinang dengan menggunakan metode Analitycal Hierarchy Process(AHP). AHP merupakan metode untuk memecakan suatu situasi yang tidak terstruktur ke dalam beberapa komponen dalam bentuk hierarki, member penilaian  subjective yang diberikan oleh responden ahli dengan tingkat konsistensi tidak kurang atau sama dengan 10% menggunakan software Expert Choice. Setelah dilakukan analisis dan perhitungan hasil quisioner, dapat disimpulkan bahwa SMA Swasta Terfavorit di Kota Pangkalpinang yaitu SMA Santo Yosef dengan bobot sebesar 46,9%, dilanjutkan dengan SMA THB dengan bobot sebesar 29,6%, dan alternatif yang terkecil yaitu SMA Swadaya dengan bobot sebesar 23,5%.

Keywords


SMA Swasta Terfavorit, Analitycal Hierarchy Process, Sistem Pendukung Keputusan, Expert Choice

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32736/sisfokom.v5i1.28

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed By:

 



Creative Commons License
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) has ISSN 2301-7988 and e-ISSN 2581-0588 which is published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ISB Atma Luhur under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web Analytics Made Easy - StatCounter